Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati Enos Salurkan Bantuan Benih Padi dan Bibit Cabe di Desa Suka Negara

waktu baca 2 menit
Kamis, 27 Mei 2021 17:24 0 100 Admin Pelita

*Ajak Wujudkan Gerakan Menuju OKU Timur Penghasil Satu Ton Gabah Kering*

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pertanian salurkan bantuan benih padi hinbrida dan bibit cabe gratis kepada petani Desa Suka Negara Kecamatan Belitang III, secara simbolis diserahkan Bupati OKU Timur H.Lanosin, S.T. Didampingi Kepala Balai Perlindungan Tanaman Provinsi Sumatera Selatan, Ir. Yosi Utami S.AP., M.Si. Kepala Dinas
Pertanian OKU Timur Ir. Tubagus Sunarseno. Kamis ((27/05/2021)

Bantuan bibit dan benih yang diberikan menyasar kepada kelompok tani Gapoktan di area sawah seluas 25 hektar lahan cabe dan lahan padi petani Gapoktan di 3 Kecamatan,  bantuan ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban petani ditengah covid 19.

”Saya harapkan bantuan ini agar para petani bisa meningkatkan penghasilan dan pendapatannya termasuk meningkatkan produktivitas padi dapat dicapai target  hasil gabah, kalau bisa petani kita di OKU Timur bisa mencapai 7 tonase /ha” Kata Bupati OKU Timur, saat Pencanangan Pengendalian Hama Tanaman dan Penyakit Tanaman dan Bantuan Bibit Tanaman Cabe merah dan Benih Padi  di Desa Sukanegara Belitang III.

Selain itu lanjut Bupati, harga gabah kita ketahui bersama sudah mulai merangkak naik, agar pemerintah desa aktifkan lagi lumbung padi di desa untuk ditumbuh kembangkan, dan bantuan bibit ini agar meningkatkan hasil pertanian para petani.

“Kedepan lahan yang belum di olah oleh petani agar kembali melakukan pengolahan, ayo kita wujudkan ”Gerakan menuju OKU Timur penghasil satu ton tanaman gabah kering.” bebernya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian OKU Timur, Ir. Tubagus Sumarseno mengatakan, bantuan bibit dan tanam perdana cabe merah, hal ini dilakukan guna memenuhi semua permintaan khusus dari para petani Gapoktan, karena Kabupaten OKU Timur sudah terkenal dengan sentra tanaman padi dan lumbung pangan Nasional.

” Demi mendukung OKU Timur Menuju 1 juta ton gabah kering tingkat nasional yang luasan wilayah lahan yang akan di tanam untuk cabe dengan luasan mencapai 25 hektar namun akan dikembangkan menjadi 100 hektar dan bantuan bibit benih padi di tiga kecamatan untuk 75 kelompok Tani.

”kami ucapkan terima kasih kepada Bupati OKU Timur,  atas dukungan kesejahteraan pada petani agar terus bersemangat untuk bekerja disawah dengan mengoptimalkan dan mengfisienkan lahan pertanian nya,” Kata Tubagus. (ril)

LAINNYA