Gambar_Langit Gambar_Langit

Ini Poin-poin Isi Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD OKU Timur Atas LKPJ Bupati OKUT Tahun 2020

waktu baca 3 menit
Rabu, 28 Apr 2021 12:48 0 110 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Bupati OKU Timur H Lanosin ST dan Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, SH menghadiri Rapat Paripurna ke-XIX DPRD Kabupaten OKU Timur masa sidang 3 tahun 2021, dalam rangka membahas LKPJ Bupati tahun 2020. Rabu (28/04/2021).

Pada agenda kali ini penyampaian pemandangan umum Fraksi-fraksi dalam rangka membahas LKPJ Bupati tahun 2020. Hadir anggota DPRD pada Paripurna ini dari 45 Anggota DPRD OKU Timur yang hadir 30 anggota DPRD.

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Ir Juniah MP. Dalam penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi itu, beberapa saran, masukan serta apresiasi atas kinerja Pemkab OKU Timur selama ini pun disampaikan.

Fraksi PANIndo melalui Juru bicaranya Zamharir, SE dalam pandangan umumnya menyampaikan apresiasi terhadap capaian kinerja Bupati dan Wakil Bupati OKU Timur selama tahun 2020 sehingga mendapat predikat WTP, mereka juga memberikan apresiasi karena telah terselenggaranya Pilkada 2020 dengan aman damai meski ditengah Covid-19, juga mengapresiasi kinerja Disdukcapil yang responsif terhadap aspirasi masyarakat dalam pelayanan Administrasi kependudukan.

Fraksi Keadilan Pembangunan melalui juru bicara Rifda Erwin pada pandangan umum mereka mengatakan, penyerapan anggaran penyelenggara pemerintahan tahun 2020 secara menyeluruh melebihi 90 persen ini menunjukkan pelaksanaan pemerintah berjalan dengan baik. Disisi lain pihaknya juga minta agar segera menindaklanjuti visi-misi Bupati OKU Timur dalam membentuk BUMD terutama dibidang pertanian. Serta Vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat agar segera dilaksanakan untuk mencegah perluasan Covid-19.

Pada Fraksi Hanura melalui juru bicara H Faisal Riza Fraksi ini mendesak, kejelasan terkait dana bantuan untuk Pilkades sebesar 11 miliar, mereka meminta kejelasan berapa yang sudah terpakai dan tersisa.

Sedangkan pada Fraksi PDIP melalui juru bicara Syamsuddin, SE menyampaikan beberapa usulan seperti rehab sejumlah infrastruktur, perlunya ditinjau kembali pada masyarakat yang menerima BPNT atau bantuan yang bersumber dari APBN maupun APBD. Fraksi ini juga mendesak segera dilakukan pemasangan PLN di Dusun Harisan Jaya yang saat ini baru terpasang tiang namun belum terpasang kabel kerumah-rumah.

Fraksi Demokrat melalui juru bicara Maredon menyampaikan, perlunya peningkatan pelayanan kesehatan di Puskesmas, Posyandu, Poskesdes. Selain itu Dinas Pariwisata diminta untuk membantu meningkatkan PAD dengan cara membuat lokasi wisata milik daerah. Serta dilakukan pembangunan dan perbaikan disejumlah infrastruktur, dan pemasangan lampu jalan dibeberapa titik.

Fraksi Nasdem melalui juru bicara Denci Hesandri menyampaikan, LKPJ ini merupakan bahan evaluasi dan penilaian untuk menganalisis kondisi kinerja pemerintah yang telah dilakukan sepanjang tahun 2020 serta sebagai saran untuk memperbaiki kinerja penyelenggara Pemkab OKU Timur untuk tahun yang akan datang.

Pada Fraksi PKB melalui juru bicara Suhartono menyarankan, perlunya perbaikan rehab infrastruktur disejumlah lokasi, baik jalan, jembatan, pembuatan talud, normalisasi sungai disejumlah lokasi.

Fraksi Gerindra melalui juru bicara Irlan SE meminta Bupati melalui Dinas terkait agar segera menyelesaikan sengketa pilkades dibeberap desa. Serta seluruh kegiatan baik fisik dan Non Fisik harus di Program kan pada Musrenbang dan RPJMD. Mendesak Bupati segera merealisasikan pembangunan fisik demi terwujudnya pembangunan di OKU Timur.

Fraksi partai Golkar melalui juru bicara Firmansyah, memberikan saran pada proses penyusunan dan penetapan kepala OPD khususnya bersifat strategis untuk memperhatikan kualitas dan kemampuan. Bupati dan jajaran agar meningkatkan hubungan kerja sama secara aktif dengan pemerintah pusat untuk memperjuangkan program dan kegiatan pembangunan serta kesejahteraan masyarakat. Pihaknya juga minta Bupati melalui jajarannya agar memaksimalkan potensi PAD dan segera melakukan lelang proyek yang ada di masing-masing OPD.

Setelah selesai menyampaikan 9 penyampaian pandangan umum fraksi-fraksi DPRD OKU Timur, selanjutnya Bupati OKU Timur diminta untk mempersiapkan jawaban-jawaban dari pemandangan Fraksi-fraksi ini. “Untuk itu Paripurna ini saya skors hingga siang pukul 13:30,” ucap Pimpinan Rapat Wakil Ketua DPRD OKU Timur Ir Juniah MP. (fah)

LAINNYA