Gambar_Langit Gambar_Langit

Antisipasi Karhutlah Tim BRG dan TNI Survei Lahan Gambut

waktu baca 2 menit
Sabtu, 27 Feb 2021 20:07 0 151 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Tim Badan Restorasi Gambut (BRG) melakukan survey titik kanal yang akan dilakukan penyekatan dalam mengantisipasi terjadinya Karhutlah, pada Sabtu (27/2/2021). Tim BRG ini didampingi oleh Babinsa Koramil 404-01 Gelumbang Koptu Mujiharto.

Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari SSos MTr (Han) melalui Danramil 404-01 Gelumbang Kapten Arh Mardin SE mengungkapkan bahwa anggotanya hanya mendampingi Tim BRG untuk melakukan survey titik kanal untuk lahan gambut yang ada di wilayah teritorial Koramil Gelumbang,” ungkap Danramil 404-01 Gelumbang, Sabtu (27/2).

Ditambahkan Arh Mardin kegiatan survei ini ini bertujuan untuk mengembalikan fungsi lahan gambut agar dapat meminimalisir terjadinya Karhutlah.

“Tujuan kegiatan Tim BRG ini adalah survey titik kanal yang akan di lakukan penyekatan dan nantinya, untuk mengembalikan kembali fungsi lahan gambut ke fungsinya demi meminimalisir akan terjadinya bahaya kebakaran hutan dan lahan (Karhutlah) di wilayah Teritorial kita,” terangnya.

Lebih lanjut, Danramil menjelaskan Tim BRG ini berjumlah Delapan orang yang berdiri dari Tim Pusat, Provinsi, dan Kabupaten.

“Dalam survei ini diikuti oleh dua orang Tim dari Pusat, tiga orang dari Provinsi, satu orang dari Kabupaten PALI, dan Dua orang perangkat Desa Putak kecamatan Gelumbang Kabupaten Muara Enim,” ungkapnya.
Ditambahkan Mardin, bahwa terkait hasilnya belum bisa disampaikan karena masih menunggu dari diskusi di pusat.

“Ya terkait hasilnya akan kita diskusikan di pusat yaitu Jakarta setelah itu baru bisa diketahui hasilnya,” tambahnya. (NVJ)

LAINNYA