Gambar_Langit Gambar_Langit

Ditengah Pendemi Covid-19, Budidaya Ikan Hias Mampu Hasilkan Omset Puluhan Juta Rupiah

waktu baca 1 menit
Selasa, 22 Des 2020 22:21 0 153 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Budidaya ikan hias menjadi tren aktivitas di tengah Pandemi COVID-19. Pasalnya, selain mudah dilakukan, membiakkan ikan hias cukup menyenangkan dan mampu menghasilkan omzet puluhan juta rupiah.

Ratusan ikan hias seperti jenis Guppy, main fish, cupang, maskoki, dan beberapa jenis lain terlihat menghiasi lapak galery putra Jawa di kawasan Simpang Lima Lebong Siarang Palembang.

Agus Edy Wijaya pemilik Galery Putra Jawa mengatakan, teknis ternak ikan hias memiliki cara masing-masing, tergantung jenis ikan yang akan di budi daya lantaran ikan hias memiliki cara berkembang biak yang berbeda.

Alasan dirinya beternak ikan, Agus menjelaskan, berawal dari hobi yang dimulai sejak tahun 2008 lalu dengan modal awal Rp4.5 juta.

“Sekarang saya mampu meraup omzet hingga Rp20 juta dalam per bulan,” jelasnya

Untuk saat ini, Agus berhasil breeding 35 jenis ikan hias dengan bermacam-macam karakter dan motif, tergantung bentuk ukuran. Bahkan untuk harga sendiri tergantung jenis ikan, dimulai harga ribuan hingga jutaan rupiah.

“Hasil sepasang ikan yang kawin bisa memproduksi ribuan benih ikan untuk dikembangbiakkan dengan kunci utama menggunakan air PH netral, air tanah atau air endapan. Selain perawatan air PH netral dan rajin dibersihkan supaya aquarium tidak kotor, dan untuk ikan hias cukup diberi makan dua kali dalam sehari,” tutupnya (Ron)

LAINNYA