Gambar_Langit Gambar_Langit

Popo Ali Peduli Ragam Kebudayaan dan Adat Istiadat OKU Selatan

waktu baca 2 menit
Selasa, 22 Sep 2020 20:13 0 240 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Bupati OKU Selatan, Popo Ali memiliki perhatian cukup besar terhadap kelestarian serta perkembangan ragam kebudayaan dan adat istiadat yang ada di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan. Dibawah kepemimpinan Bupati Popo Ali, kegiatan adat istiadat khususnya yang ada di Kabupaten OKU Selatan dirasakan lebih hidup sekaligus berkembang semakin baik.

Demikian dikatakan Ketua Pelaksana Pemangku Adat Kabupaten OKU Selatan, Hasan Hamka saat dibincangi Pelita Sumsel, usai audensi bersama seluruh pemangku adat kecamatan se-OKU Selatan dengan Bupati OKU Selatan, Popo Ali yang berlangsung di Aula Pemkab OKU Selatan, Selasa (22/09).

“Perhatian serta kepedulian Bupati Popo dan pemerintah daerah terhadap pelestarian dan perkembangan adat istiadat sangat baik selama ini dan salah satu bentuk perhatian sekaligus kepedulian tersebut adalah dibangunnya rumah adat kabupaten saat ini,” tutur Hasan Hamka.

Untuk rencana kegiatan pengurus pemangku adat Kabupaten OKU Selatan kedepan, menurut Hasan Hamka, rencananya pihaknya akan membuat kamus bahasa daerah 6 (enam) suku besar yang ada di Kabupaten OKU Selatan, hingga kini baru ada 2 (dua) buku kamus bahasa daerah yang telah selesai dibuat.

“Untuk berbagai peralatan pendukung acara pelaksanaan kegiatan adat istiadat seperti Ngadok atau pemberian adok, pisaan dan lainnya untuk seluruh para pemangku adat, berharap akan juga bisa di lengkapi oleh Pemerintah Daerah OKU Selatan kedepannya,” ujarnya.

Hasan Hamka juga mengatakan selain peralatan dibidang pelaksanaan adat istiadat,  jika bisa Pemkab OKU Selatan juga meningkatkan operasional kegiatan penunjang kesejahteraan bagi para pemangku adat di daerah OKU Selatan. (DK)

LAINNYA