Gambar_Langit Gambar_Langit

Warga Kelurahan di Kabupaten Muara Enim Dapat Bansos

waktu baca 2 menit
Kamis, 3 Sep 2020 19:17 0 207 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Warga yang masuk dalam Kelurahan se-Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan tampak sedikit lega. Pasalnya, dampak pandemi covid-19 tersebut, warga kelurahan mendapatkan bantuan sosial yaitu program sembako dari  Pemkab. Muara Enim guna meringankan beban untuk warga yang kurang yang kurang mampu dan terdampak Covid-19.

Penyerahan bantuan berupa sembako untuk warga Kelurahan se-Kabupaten Muara Enim tersebut, langsung diberikan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Muara Enim H Juarsah, SH, pada Kamis  (3/09) bertempat di Kantor Lurah Muara Enim serta  didampingi Sekretaris Daerah, Ir. H. Hasanudin, M.Si . Penyerahan bantuan berupa paket sembako itu dilakukan secara simbolis kepada warga kurang mampu di 10 (sepuluh) kelurahan di wilayah Kabupaten Muara Enim.

Sementara bantuan yang berasal dari alokasi Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Muara Enim 2020 ini, dikhususkan bagi warga kurang mampu yang terdata belum pernah menerima bantuan sosial apapun, baik Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), Program Keluarga Harapan (PKH) maupun Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Pemerintah Pusat.

Bupati Muara Enim H Juarsah, SH mengatakan bantuan sembako ini bertujuan untuk meringankan beban warga kurang mampu yang berdomisili di seluruh Kelurahan se-Kabupaten Muara Enim.

“Dan khusus untuk di kelurahan yang secara administratif memang tidak memiliki pengelolaan Dana Desa/Alokasi Dana Desa (DD/ADD) yang dapat digunakan untuk penanganan Covid-19, ” kata Plt. Bupati Muara Enim .

Juarsah menambahkan, bantuan melalui Keputusan Bupati Muara Enim Nomor 624/KPTS/ Dinsos/2020 tanggal 28 agustus 2020 telah mengalokasikan bantuan sosial program sembako kepada 7.780 kepala keluarga (KK) warga kurang mampu di 10 wilayah kelurahan melalui dana BTT APBD Kabupaten Muara Enim 2020.

Adapun kelurahan yang dimaksud yaitu Kelurahan Muara Enim (1.563 KK); Pasar I (438 KK); Pasar II (440 KK); Pasar III (694 KK); Air Lintang (582 KK); Tungkal (543 KK); Tanjung Enim (1.210 KK); Tanjung Enim Selatan (428 KK); Pasar Tanjung Enim (864 KK); dan Gelumbang (1.028 KK).

“Nah, untuk bantuan yang diberikan yaitu 10 Kg beras, 1 liter minyak sayur, 1 Kg gula, 1 Kg tepung terigu, 1 Kg garam, dan 520 mililiter kecap manis”, terangnya.

Ia juga mengatakan mungkin bantuan ini dirasa masih kurang, namun dengan rasa kekeluargaan dan semangat kebersamaan, maka bantuan ini dapat dipandang sebagai wujud kepedulian pemkab Muara Enim dan gotong royong warga yang bahu-membahu berjuang melewati masa-masa yang sulit di pandemi covid-19. (NVJ)

LAINNYA