Gambar_Langit Gambar_Langit

Gowes Ria Sembari Tebar Binih Ikan Di Danau Ranau

waktu baca 2 menit
Selasa, 1 Sep 2020 21:33 0 120 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Pemerintah daerah (pemda) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan akan melaksanakan Sriwijaya Ranau Grand Fondo Cycling Challenge 2020 pada 14 November 2020. Kegiatan bersepeda (gowes) ini diharapkan bisa memberikan dampak positif bagi warga OKU Selatan, khususnya di kawasan Ranau.

Beberapa warga mengaku, setelah sukses menggelar JASS, kegiatan Ranau Grand Fondo ini selain bisa mengangkat promosi wisata di OKU Selatan, juga bisa memperkuat perekonomian di sana. Contoh konkrit yang bisa dilakukan misalnya bergowes ria sembari menebar benih ikan di kawasan Danau Ranau.

“Seperti menebar bibit ikan nila, ikan mujair, karena jika Danau Ranau banyak ikannya, ini kan juga bisa membantu perokonomian masyarakat terutama para nelayan serta pedagang ikan yang ada di daerah setempat termasuk para pemilik warung makan yang menjual menu ikan Danau Ranau”,ujar Rio seorang warga Ranau.

Menurutnya, penyebaran bibit ikan di Danau Ranau yangb ermanfaat untuk menjaga kelestarian ikan di sana, tidak hanya dilakukan oleh pemerintah melalui dinas terkait seperti dinas perikanan,tapi juga bisa dilakukan oleh semua orang, termasuk para peserta acara JASS atau Ranau Grand Fondo atau para wisatawan lainnya yang memiliki keinginan menebar ikan di Danau Ranau.

“Soal bibit ikan sendiri mungkin bisa disediakan dengan cara dijual oleh masyarakat peternak bibit ikan, di sekitar objek wisata untuk dibeli para peserta atau wisatawan yang ingin ikut menebarkan bibit ikan di Danau Ranau”, kata Putra yang merupakan salah satu warga Muaradua. (DK)

LAINNYA