Home / DAERAH / Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, UPBB di BP Bangsa Raja Akan Dijadikan Tempat Pelelangan Resmi
Tim dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumsel, Dinas Perkebunan OKUT serta Camat BP Bangsa Raja saat menggelar pembinaan dengan UPBB Sumber Jaya

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi, UPBB di BP Bangsa Raja Akan Dijadikan Tempat Pelelangan Resmi

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dalam upaya meningkatkan daya beli serta mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kecamatan Buay Pemuka Bangsa Raja, sejumlah program terus digenjot, mulai dari perbaikan infrastruktur dilingkup pertanian hingga pemberdayaan.

Dibidang pemberdayaan, pada Rabu (05/08/2020) kemarin di Balai penyuluhan pertanian (BPP) Kecamatan BP Bangsa Raja sejumlah pihak terkait, unit pengolahan dan pemasaran bokar (UPBB) Sumber Jaya mengikuti pembinaan pengolahan dan pemasaran bahan olahan karet rakyat (Bokar).

Kegiatan ini dipandu langsung petugas dari Dinas Perkebunan Provinsi Sumatera Selatan didampingi Dinas Pertanian OKU Timur, Camat BP Bangsa Raja.

“Hasil dari pembinaan tadi diantaranya UPPB Sumber Jaya ini akan di berikan nomor register oleh Kementerian Pertanian,” kata Muhammad Andrie, S.IP Camat BP Bangsa Raja.

Selain itu kata dia, pelelangan karet yang dilaksanakan oleh UPPB Sumber Jaya saat ini juga akan di jadikan sebagai tempat pelelangan resmi yang nantinya pihak PT atau Perusahaan bisa langsung masuk ke dusun Sumber Jaya Desa Anyar, upaya ini tentu bertujuan agar harga jual karet milik masyarakat bisa terangkat.

“Jika harga karet masyarakat bagus otomatis daya beli masyarakat meningkat,” ucapnya.

Sementara itu Koordinator pertanian BPP BP Bangsa Raja M Dahyar Adi Guna menambahkan, keuntungan lainnya jika UPBB ini sudah menjadi tempat Pelelangan resmi kita dapat kontrol langsung harga dengan menjamin mutu Karet, kedepan juga kata dia pihaknya akan mengupayakan pelelangan yang berbasis digital.

“Kita akan memperbesar kapasitas tampung dan menambah mitra perusahaan sehingga proses jual beli hasil petani karet di disini memiliki daya jual yang bagus,” ujarnya. (*)

Bagikan Ini Di :