Gambar_Langit Gambar_Langit

Warga Desa Darmapura Diminta Menunggu Terkait Pergantian Sekdes

waktu baca 3 menit
Senin, 22 Jun 2020 16:51 0 99 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Puluhan Warga Desa Damarpura, Kecamatan Buana Pemaca Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan kembali mendatangi Kantor Desa Damarpura, Senin (22/6).

Tujuan kedatangan Warga tersebut guna kembali untuk menyuarakan keinginan mereka yakni meminta kepada Kepala Desa agar Sekretaris Desa (Sekdes) setempat yang ada saat ini, tetap harus diganti serta di copot dari jabatannya selaku sekdes.

Sebelumnya, musyawarah Desa yang di fasilitasi oleh Badan Permusyawarahan Desa (BPD) Damarpura antara Kepala Desa Damarpura bersama perwakilan warga yang menginginkan sekdes sekarang diganti pernah dilakukan, bertempat di kantor Desa Damarpura, namun dua kali dilaksanakan musyawarah tersebut berlangsung di kantor desa Damarpura tidak ada titik temu.

Bahkan, karena tidak adanya titik temu saat musyawarah desa antara Kepala Desa dan perwakilan warga di kantor desa Damarpura puluhan warga yang meminta sekdes saat ini agar diganti pernah juga mendatangi kantor Kecamatan Buana Pemaca untuk menyampaikan keinginan mereka tersebut secara langsung ke pihak kecamatan.

Serta dari perwakilan warga tersebut menurut informasi juga mendatangi kantor DPMD Kabupaten dengan keinginan yang sama,meminta agar sekdes damarpura saat ini untuk diganti.

Pantuan Pelita Sumsel, pagi tadi dikantor Desa Damarpura, saat puluhan warga tersebut mendatangi kantor Desa Damarpura untuk menyuarakan keinginan mereka, terlihat Hadir di kantor Desa Damarpura,kepala Desa setempat,Camat Kecamatan Buana Pemaca beserta beberapa jajaran, Kasat Intel beserta Kabag Ops Polres OKU Selatan, Kapolsek Simpang juga puluhan anggota kepolisan untuk pengamanan terlihat di lokasi.

Kasat Intel Polres OKU Selatan, AKP Adi Sapri, mengatakan, setelah bermediasi bersama puluhan warga yang datang kekantor desa Damarpura, serta setelah bermusyawarah bersama perwakilan dari puluhan warga, pihak kecamatan Buana Pemaca dan Pemerintah Desa Damarpura.

“Kami meminta waktu sekitar 1 minggu kedepan, untuk berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah kabupaten OKU Selatan mengenai permintaan dari puluhan warga tersebut yang tetap menginginkan sekdes saat ini untuk diganti, meminta agar warga yang hadir supaya bisa bersabar,”jelasnya saat dijumpai Pelita Sumsel

Sementara itu, Camat Buana Pemaca, Umar Husien menyampaikan, sesuai dengan adanya permintaan dari Kasat Intel yang meminta waktu sekitar 1 minggu, maka pihak kecamatanpun akan menunggu dulu.

Sementara Kepala Desa Damarpura, Dodi Darwin, saat berbicara dihadapkan puluhan warga yang datang ke kantor Desa Damarpura yang meminta sekdes saat ini diganti, selain selaku Pimpinan Sekdes di Desa, dirinya kembali meminta maaf atas kekeliruan ucapan sekdesnya kepada warga yang hadir,

“Perihal permasalahan terkait sekdesnya saat ini, dirinya telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan DPMP Kabupaten,”ucapnya.

Selain juga menjelaskan tentang mekanisme untuk mengganti sekdes, di sampaikan Oleh Kades dihadapan puluhan warga yang menuntut sekdes mundur, sanksi berupa Surat Peringatan ( SP) 1 kepada saat ini telah diberikan.

Sementara perwakilan dari puluhan Warga yang hadir di kantor Desa, Tabroni, menuturkan bahwa kedatangan puluhan warga ke kantor Desa kembali tidak ada titik temu atau kandas, meski mediasi hari ini telah di tempuh, karena puluhan warga yang hadir tetap ingin sekdes untuk saat ini diganti.

“Dalam waktu sekitar 1 Minggu kedepan, pihaknya juga masih akan menunggu dulu, hasil dari kasat intel setelah berkoordinasi dengan Pemda OKU Selatan,”pungkasnya (DK)

LAINNYA