Gambar_Langit Gambar_Langit

Jelang Idul Fitri, Petani di Lahat Panen Raya

waktu baca 2 menit
Rabu, 6 Mei 2020 22:11 0 129 Admin Pelita

Lahat, Pelita Sumsel – Hari Raya Idul Fitri tinggal hitungan hari lagi, lebih tepatnya tinggal dua pekan lagi. Ditengah pandemi corona, ramadhan tahun ini suasanya sangatlah berbeda dari ramadhan tahun tahun sebelumnya. Perbedaan itu nampak sekali khususnya pada masyarakat perkotaan.

Semarak sahur yang dilakukan disetiap tempat dan suasana ramai disetiap pasar bedug menjelang berbuka saat ini sangat sulit kita jumpai. Corona sudah menghilangkan semua kebiasaan rutin itu dimana mana karena Stay at Home. Pun demikian dengan tempat tempat transportasi umum, baik darat, laut maupun udara, semuanya hening, sepi akibat pembatasan dan larangan mudik tahun ini. Semua itu bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid 19 sebagai penyebab munculnya penyakit corona ini.

Tetapi semua hal tersebut diatas tidak akan dan tidak mungkin berlaku untuk masyarakat yang tinggal dipedesaan khususnya di Provinsi Sumatera Selatan. Saat ini hampir semua daerah tingkat II yang ada di Provinsi Sumatera Selatan sedang aktif melakukan panen besar besaran dimana mana. Di ramadhan tahun ini para petani disibukkan dengan kegiatan panen raya untuk setiap petak sawah yang mereka miliki.

Kabupaten Lahat salah satunya, ikut menunjukkan semarak panen raya menjelang hari raya tahun ini. Seperti yang dilaporkan oleh petugas yang ada di lapangan, Kustanto, SP sebagai koordinator penyuluh yang ada di Kabupaten Lahat, panen raya kali ini dilakukan oleh Kelompok Tani Sumber Rejeki yang ada di Desa Wonorejo Kecamatan Kikim Barat. Panen raya dilakukan untuk petakan sawah yang dimiliki oleh kelompok tani seluas 39 Ha. Dari perhitungan dilapangan diperoleh produktivitas padi yang dihasilkan kelompok tani ini rata rata sebesar 5,8 ton/Ha

Pada kegiatan panen kali ini hadir bersama dilapangan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Lahat yang diwakili oleh Eriwan, SP selaku Kepala Bidang Tanaman Pangan. Beliau menyampaikan potensi pertanaman padi dari kabupaten Lahat bisa mencapai 32rb Ha dan sampai dengan hari ini data dilapangan menunjukkan luas panen padi di Kabupaten Lahat mencapai 3rb Ha. Dengan tingkat produktivitas yang cukup tinggi, beliau yakin Kabupaten Lahat bisa ikut menjaga ketersediaan pangan di masyarakat selama wabah corona ini (yfr)

LAINNYA