Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati OKU Siap Berikan Bantuan Kamanusian Untuk Palestina

waktu baca 4 menit
Selasa, 4 Feb 2020 21:46 0 141 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Syekh Lu’ai Abu Suwairih melakukan kunjungan ke rumah Dinas Bupati Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Drs H Kuryana Aziz, Selasa (4/2).

Kunjungan ulama asal negara Palestina didampingi Tim safari Dakwah Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Dewan Da’wah Provinsi Sumatera Selatan dan Pengurus ICMI Orda OKU ini diterima dan disambut langsung oleh Bupati OKU Drs H Kuryana Aziz.

Nampak hadir dalam pertemuan yang berlangusng dalam suasana penuh keakraban tersebut Pengurus ICMI OKU Hasan HD. Serta anggota ICMI OKU Ardi dan Romdoni, sedangkan dari Laznas Dewan Da’wah Sumsel yakni H. Wasito dan anggota Laznas lainnya

Dalam penyampaianya diahadapan Bupati OKU, Wakil Ketua ICMI OKU Hasan HD menjelaskan bahwa kedatangan Syekh Lu’ai Abu Suwairih inia adalah kedatangan ke 4 ulama Palestina di Kabupaten OKU yang di koordinir oleh ICMI OKU bekerja sama dengan ormas islam lainnya.

“Kedatangan syekh Lu’ai Abu Suwairih ini difasilitasi oleh dewan dakwah dan Icmi OKU,” Kata Hasan HD.

Menurut Hasan HD tujuan menghadirkan ulama asal Palestina ini adalah memberikan kajian da’wah kepada masyarakat dan untuk memberikan penjelasan secara langsung kondisi rakyat Palestina yang saat ini dijajah Israel. “termasuk menggalang donasi pembangunan infrastruktur seperti masjid dan rumah sakit di jalur gaza,” jelasnya

Menurut Hasan pemberitaan tentang penderitaan warga Palestina yang hari ini dijajah oleh Israel, dirasakan masih sangat kurang saat ini karena tertutup oleh berita-berita lain, “semoga dengan mendatangkan langsung ulama asal Palestina ini kita bisa memberikan pemahaman langsung tentang kondisi Palestina hari ini,” jelas Hasan.

Dituturkan Hasan Syekh Lu’ai Abu Suwairih dan tim safari da’wah Laznas Dewan Da’wah Sumsel tiba di Kabupaten OKU pada Selasa dinihari tadi tepatnya pukul 02.00 WIB,
selanjutnya Syekh Lu’ai Abu Suwairih dan rombongan melaksanakan sholat subuh dan safari dakwah di Masjid As-Shulton Kelurahan Sukajadi. “Kegiatan beliau hanya satu hari jni saja di OKU, besok sudah ke Muaraenim” sebutnya.

Kemudian lanjut Hasan, kegiatan Syekh ini
dilanjutkan dengan kunjungan ke SDIT Al-Fath Kecamatan Lubuk Raja, serta siang harinya melakukan audiensi dengan Bupati OKU. pada sore hari Syekh Lu’ai Abu Suwairih dan tim akan melaksanakan sholat asar dan safarii dakwah di masjid Al-Fil Komplek PT. Seman Baturaja.

“Magrib Syekh dan tim sholat magrib dan safari da’wah di masjid El Maarif Billah, Desa Tanjung Baru, serta sholat Isyak dan Silaturahmi di Ponpes Luqmanul Hakim Kecamatan Lubuk Raja, baru besok pagi Rabu, (05/2)akan meninggalkan Oku menuju Muaraenim,” Tukasnya

Sementara itu, Syekh Lu’ai Abu Suwairih sendiri dihadapan Bupati OKU melalui penerjemahnya Ustadz Bachtiar Rahmatullah menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati OKU dan Masyarakat Kabupaten OKU yang telah menerima dirinya dan selama ini telah membantu perjuangan rakyat Palestina melawan penjajahan zionis Israel.
“Sejak penjajahan oleh Israel tahun 1948 Indonesia salah satu negara yang banyak menyumbang Palestina bantuan banyak diberikan kepada anak-anak Palestina, untuk membangun masjid dan juga membangun rumah sakit,” ujar Syekh Lu’ai Abu Suwairih melalui Ustadz Bachtiar Rahmatullah.

Kondisi masyarakat Palestina menurut Syekh Lu’ai Abu Suwairih saat ini sangat memprihatinkan, di Tepi barat Ada masjidil Aqso masih dikuasai zionis Israel, masyarakat terkadang dilarang beribadah dan azan harus izin pengamanan Israel, sedangkan Gaza Gaza Satu-Satunya daerah yang terbebas dari penjajahan Israel. Gaza adalah wilayah yang kecil hanya memiliki panjang 360 KM dan lebar 40 KM tentara Yahudi sampai saat ini tidak bisa masuk Gaza karena masyarakat Palestina selalu melakukan perlawanan.
“Gaza saat ini diblokade secara total dari segala aspek, masyarakat tidak boleh mencari ikan dilaut, listrik hanya hidup 3 jam/ hari dan drone mengawasi wilayah Gaza,” cerita Syekh Lu’ai Abu Suwairih.

Sementara itu Bupati OKU Drs. H. Kuryana Azis dalam kesempaten tersebut menyanmpaikan dukungannya atas perjuangan rakyat Palestina melawan Zionis Israel. “Atas nama pemerintah mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Syekh Abu Ahmad (panggilan Syekh Lu’ai Abu Suwairih-red), Kami sangat prihatin dengan keadaan negara Palestina, Indonesia adalah negara pertama yang mendukung Palestina,” ujar Bupati.

Menurut Kuryana Azis Islam Indonesia adalah yang terbesar di dunia, dan terbesar pula mendukung Palestina. Kuryana menjelaskan bahwa sebenarnya Israel tidak akan melawan jika tidak ada negara-negara pendukung dibelakang nya.
“Kita selalu siap membantu saudara-saudara kita dengan bantuan kemanusiaan dengan membangun masjid, rumah sakit dan lain-lain. Apa program selanjutnya dari tim Laznas Dewan Da’wah dan Syekh Lu’ai Abu Suwairih kita siap mendukung,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati OKU akan meminta kepada Kepala-Kepala Dinas dilingkungan Pemkab OKU untuk memberikan bantuan dana untuk program kemanusiaan yang dilaksanakan Dewan da’wah. (AND)

LAINNYA