Home / DAERAH / Sambut Hari Pahlawan, KATESS Gelar Parade Teater

Sambut Hari Pahlawan, KATESS Gelar Parade Teater

 

Palembang, Pelita Sumsel — Menyambut Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober dan Hari Pahlawan, Koloni Teater Sumatera Selatan (KATESS) akan menggelar Parade Teater tingkat SLTA di Palembang. Acara diselenggarakan di Gedung Auditorum RRI Palembang pada 20 November 2019, melibatkan 12 tim Teater SLTA di Palembang dan Teater Mentari Mandiri SMAN 1 Inderalaya Utara. Satu Teater Umum yang siap pentas, diantaranya Teater Tenun

Sedikitnya 12 Teater yang berbasis sekolah tingkat SMA, SMK, MAN dan Umum di Palembang bakal pentas di Auditorium RRI Palembang, pada Rabu, 20 November 2019.

Ahmad Joni Arla, yang akrab dipanggil Wak Dollah, Kordinator Koloni Teater Sumsel (KATESS) menyebutkan, pentas teater tingkat SLTA ini akan dikemas dalam parade teater selama 1 hari, mulai pukul 10.00 sd 16.00 WIB. “Acara ini kami gelar sudah kedua kalinya, sebagai wadah kretatifitas terutama teater di tingkat SLTA, yang akan berlangsung satu hari,” ujar Wak Dollah, di Palembang (09/11/2019).

Teater Umum (Non Sekolah)
Wak Dollah menjelaskan, meski didominasi teater SLTA, namun tidak menutup ruang bagi teater yang berbasis umum (non sekolah). Satu diantara teater umum yang sudah menyatakan ikut dalam pementasan, menurut Wak Dollah, adalah Teater Tenun.

“Kami membuka ruang bagi teater dari luar sekolah. Misalnya dari teater umum, ya disilakan saja ikut, tetapi harus memenuhi syarat, terutama tema-tema yang berkaitan dengan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan,”ujarnya.

Secara rinci, Wak Dollah menyebutkan tema parade teater ini, secara umum berhubungan dengan Hari Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan. Pada naskah yang akan diusung ke pentas, paling tidak menggambarkan tentang peran pemuda dalam kemerdekaan, memiliki misi membangun kebersamaan di tengah kebhinekaan, menjalin persatuan dan bela negara, demi terwujudnya NKRI yang aman, damai dan sejahtera.

Durasi 15 Menit
Seperti pemnetasan sebelumnya, tim memberi waktu bagi setiap teater untuk bisa tampil selama 15 menit. Sementara, durasi untuk setting panggung, masing-masing peserta diberi waktu 5 menit. “Jadi total waktu 20 menit setiap tim. Rinciannya 15 menit untuk pementasan, dan 5 menit untuk setting panggung,” tegas Wak Dollah.

Wak Dollah menambahkan, acara ini diadakan RRI Palembang, diback up KATESS, yang terdiri dari gabungan 20 Ekskul, 4 Teater Umum, 4 Teater Kampus dan 1 komunitas pantomime di Palembang. (don)

Advertisement
Bagikan Ini Di :