Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU / Perindah Kelas Dengan Coretan Kreatif Siswa

Perindah Kelas Dengan Coretan Kreatif Siswa

OKU, Pelita Sumsel – Pemandangan yang unik dan mengesankan terlihat di setiap dinding Gedung SMK Yadika Baturaja, ya dinding gedung terutama dinding kelas di sekolah yang terletak di jalan Sultan Mahmud Badarudin kelurahan Sukaraya itu penuh dengan lukisan menarik hasil coretan dari tangan kreatif siswa-siswi SMK Yadika.

Kepala SMK Yadika Baturaja Boy Adriansyah SPd mengatakan, pihak SMK Yadika Baturaja tidak melarang siswa untuk menorehkan setiap coretan di dinding kelas masing-masing asal hal itu positif dan menimbulkan kesan yang menarik dan indah. Bahkan lanjut Boy pihak sekolah menyediakan fasilitas untuk menyalurkan bakat siswa tersebut.

“Ya itu salah satu cara menyalurkan bakat terpendam dan kreatifitas anak-anak, dari pada mereka coret-coret meja dan hal yang tidak benar lebih baik di fasilitasi, asal hal itu positif dan tidak ada unsur sara, pornografi dan hal negatif lainnya,” kata Boy, Jum’at (18/10).

Dikatakan Boy penyaluran bakat seni siswa ini juga merupakan salah satu materi hasil pelatihan guru dan siswa beberapa waktu yang lalu, “Sesuai tuntutan zaman belajar itu sudah berbasis produk dan project, seperti yang dilakukan siswa yadika saat ini mereka membuat project lukisan tiga dimensi, ada juga anak-anak teknik jaringan komputer (TKJ) yang membuat Seni media,” ungkapnya.

Lukisan-lukisan karya siswa itu lanjutnya, dibuat diseluruh dinding kelas masing-masing, para siswa dibebaskan untuk melukis apa saja namun tetap sesuai dengan materi yang diberikan. Hal ini untuk membuat para siswa merasa senang dengan karya yang mereka hasilkan serta membuat mereka nyaman didalam kelas.

Menurut Boy, para keratifitas siswa sangat dihargai, para siswa diwajibkan untuk membuat kelas mereka senyaman dan seindah mungkin agar para siswa betah dan nyaman saat belajar. “kita suruh siswa membuat kelas itu senyaman mungkin. Ibaratnya kelasku istanaku, kalau sudah nyamab otomatis pelajaran mudah diserap dan tidak ada lagi siswa yang malas-malasan,” ujarnya

Ia berharap dengan kegiatan ini para siswa dapat menyalurian bakat seni mereka serta lebih memperindah sekolah. “ini baru permulaan, nanti kalau siswa ini naik kelas jika mereka mau merubah lukisan atau mau menambah lukisan atau mau mempertahankan lukisan yang sudah ada kita beri kebebasan yang penting mereka nyaman,” tukasnya.

Sementara itu salah seorang siswa sangat meyambut baik hal ini, menurutnya ini merupakan ajang penyaluran bakat seni. “sangat senang karena kami bisa mendekorasi dan membuat kelas kami senyaman mungkin dan itu salah satu hal yang membuat kami betah dikelas karena merasa seperti dirumah sendiri,” tandasnya. (KBT)

Advertisement
Bagikan Ini Di :