Gambar_Langit Gambar_Langit

Penerangan Tenaga Surya Roboh

waktu baca 2 menit
Jumat, 5 Apr 2019 22:29 0 113 Admin Pelita

Muara Enim, Pelita Sumsel – Terlihat dipinggiran sungai Lematang Enim , yang tepatnya didekat Jembatan Enim 2 Kelurahan Pasar 2 Kecamatan Muara Enim Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan, tiang listrik terlihat roboh.

Kondisi robohnya tiang listrik yang disebut-sebut salah satu proyek listrik tenaga surya APBD Muara Enim tersebut, terlihat sudah beberapa hari ini kondisinya dibiarkan dipinggiran sungai yang terpantau dalam kondisi terikat tali tambang .

Salah satu Ketua aktivis Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Sigap Muara Enim Sumatera Selatan Suhaimi SH, yang melihat kondisi robohnya tiang listrik penerang pinggiran sungai Jembatan Enim 2 itu, mengatakan, seharusnya pihak yang dianggap terkait cepat mengatasi hal itu, Inikan proyek listrik tenaga surya APBD Muara Enim yang berfungsi menerangi pinggiran sungai yang juga dekat dengan warga pinggiran sungai.

“Tiang listrik ukuran kurang lebih 9 meter yang dibangun dan roboh itu , dipastikan asal pasang yang akibatnya roboh. Seharusnya pembangunan tersebut perlu kajian yang matang,” ungkapnya saat dibincangi Pelita Sumsel di lokasi

Dijelaskan dia, karena tidak memenuhi kajian yang matang yang kemungkinan disebabkan oleh banjir, longsor, sudah dipastikan tiang listrik itu roboh.

” Inikan proyek mubazir, dan anggarannya pasti besar , bisa ratusan juta , bahkan milyaran rupiah, ” katanya

Dikatakannya, pihak yang di anggap terkait harus cepat dan tanggap dalam bertindak, inikan kepentingan masyarakat, maupun kepentingan lingkungan.

“Jika dibiarkan terus terikat tali seperti itu, semakin lama bisa hilang hanyut akibat deras nya arus sungai, dan terkait proyek listrik tenaga surya yang tiang listrik tersebut roboh, ini perlu mendapat pemeriksaan maupun pemanggilan pihak -pihak yang dianggap bertanggung jawab , ” paparnya

Sementara warga pinggiran sungai Jembatan Enim 2 Kelurahan Pasar 2 Kecamatan Muara Enim yang tak mau disebut namanya menjelaskan bahwa robohnya tiang listrik tersebut pastinya menjadi gelap disekitar pinggiran sungai untuk penerangan, dan kondisi robohnya tiang listrik tersebut, diduga pemasangannya tidak berkualitas

“Saharusnya pihak terkait dapat memantau saat pembangunan tiang itu, Namun , kita lihat saja prakteknya pak, keadaan ini sepertinya di anggap biasa,” ujar warga sekitar.

Pantauan dilokasi robohnya tiang listrik yang disebut-sebut proyek listrik tenaga surya APBD Muara Enim tersebut, terlihat sudah 3 hari ini belum ada tindakan nyata seperti berdirinya lagi tiang listrik itu. (JNF)

LAINNYA