Gambar_Langit Gambar_Langit

Ikan Betutu “Si Pemalas” Primadona Luar Negeri

waktu baca 2 menit
Jumat, 4 Mei 2018 14:22 0 121 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Ikan Betutu (Oxyeleotris marmorata) si “Pemalas ” merupakan spesies ikan yang hanya ada di perairan asia tenggara ini menyebar hampir di seluruh Indonesia yang biasa di temui di daerah – daerah rawa dan sungai.

Kiprah si Pemalas ini rupanya mengalami peningkatan bagi sektor export bangsa, hal ini di lihat dari data Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) kota Palembang Mei 2018, ekspor ikan Betutu selama Caturwulan pertama ditahun 2018 meningkat hingga 155% dari 4.817 kilogram di periode januari – april  tahun 2017 menjadi 7.476 kilogram di periode januari – april tahun 2018.

Hasil ekspor yang mencengangkan ini ternyata ada pada kandungan albumin yang tinggi pada ikan betutu  berkhasiat untuk kesehatan mulai dari untuk merawat kecantikan, menambah vitalitas dan Penyembuh bekas luka,hal ini yang meningkatkan ekspor ikan tersebut.

“Peningkatan ekspor ikan ini sangat menggembirakan karena secara langsung akan berdampak pada peningkatan pendapatan pelaku usaha perikanan mulai dari pencari, pengumpul dan eksportir,” Kepala BKIPM Palembang, Sugeng Prayogo

Namun, lanjut dia hasil tangkapan sifatnya sangat terbatas, kedepannya diharapkan masyarakat mulai menggalakan budidaya ikan ini sehingga terjaga kelestariannya.

“Memang dalam budidaya ikan Betutu ini memakan waktu yang cukup lama namun semua akan terbayarkan pada saat panen dengan harga yang sangat mahal perkilogramnya,” pungkasnya

Harga ikan betutu bisa mencapai lebih dari Rp 100.000 perkilogramnya, meski dalam pembudidayaannya lambat ikan ini mampu menaikkan taraf ekonomi bagi pelaku budidaya ikan air tawar. (Fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA