Gambar_Langit Gambar_Langit

KPU Gelar Rakor Simulasi Dapil, Ragam Usulan Kembali di Lontarkan. 

waktu baca 3 menit
Rabu, 20 Des 2017 13:52 0 87 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel, Martapura – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten OKU Timur kembali  menggelar Rapat Koordinasi (Rakor). Setelah sebelumnya mengelar Rakor Penataan dan Penyusunan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi kursi, kali ini KPU mengelar Rakor simulasi penyusunan Dapil dan alokasi kursi Pemilihan Umum Anggota DPRD Kabupaten OKU Timur untuk pemilu tahun 2019. Rabu, (20/12) bertempat di ruang rapat bina Praja II Pemkab OKUT.

Hadir langsung dalam Rakor ini ketua KPU OKU Timur H. Leo Budi Rachmadi, Bupati OKU Timur di wakili Asisten I Bidang Pemerintah Mgs Habibullah, Komisioner Panwaslih OKU Timur Divisi pengawasan Beni Tenagus, Perwakilan Kajari, Polres, Dandim 0403 Baturaja, Kepala Bakesbangpol Fauzi, sejumlah Petinggi Parpol di OKU Timur, Tokoh masyarakat, tokoh agama, serta organisasi yang ada di OKU Timur.

Pantauan dilokasi, dalam simulasi ini KPU menayangkan simulasi pengelompokan 10 Dapil dan untuk simulasi alokasi kursi tetap berjumlah 45 kursi. Tampak dari Rakor ini, kembali mengundang perbedaan usulan dan masukan dari sejumlah partai. Seperti DPC Partai PDI Perjuangan dan Golkar sepakat mengusulkan agar Pileg mendatang tetap 5 Dapil. Sementara Dari Partai Garuda dan PSi mengusulkan agar ada perubahan Dapil pada Pileg mendatang.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU OKU Timur H. Leo Budi Rachmadi, SE usai Rakor mengatakan, inilah gunanya Rakor ini agar mendengarkan sumbang saran dari Parpol, tokoh masyarakat, tokoh agama dan unsur lainnya. Dinamika perbedaan itu hal yang wajar. Dari usulan beberapa parpol tadi akan kita tampung, dan nanti akan kita bawa ke KPU Provinsi terhadap ada Dapil yang di usulkan di tambah. Dan KPU OKU Timur tetap membawa opsi 5 Dapil yang telah berjalan selama ini sejak 2004 hingga 2014.

“Dari hasil simulasi ini, ada beberapa masukan dan saran dari Parpol, dan kita tunggu sampai pertengahan Januari apakah masih ada usulan lagi, simulasi inikan hanya memberikan gambaran. Nanti setiap Usulan ini akan kita sampaikan ke KPU Provinsi dan KPU Provinsi menyampaikan ke KPU RI,” ucapnya.

Dirinya menghimbau kepada Masyarakat dan unsur lainnya, terkait Dapil dan alokasi kursi Pileg 2019 mendatang, agar segera memberikan masukan dan sumbang saran, namun tetap mengacu pada Prinsip-prinsip penyusunan dan mekanisme penghitungan, KPU OKU Timur akan mengakomodir setiap usulan. Ini akan menjadi bahan untuk memperkuat setiap usulan Dapil dan alokasi kursi yang akan di usulkan.

“Dari Rakor tadi setiap usul dan saran baru disampaikan secara lisan. Kita minta agar setiap usulan atau kajian-kajian dari Parpol atau dari unsur lainnya agar di sampaikan secara tertulis agar dapat memperkuat setiap usulan dan saran masukan,” sebut Leo.

Sementara Bupati OKU Timur di wakili Asisten I Bidang Pemerintah Mgs Habiburahman mengatakan, setiap usulan dan masukan terhadap perubahan Dapil ini diharapkan agar  menyesuaikan dan mengacu pada aturan yang berlaku, Pemerintah Daerah mengharapkan sekali, setiap proses pesta Demokrasi agar berjalan kondusif.

“Setiap masukan dan saran agar dilandasi ketentuan hukum, selain Pileg/Pilpres, tidak akan lama lagi kita akan menghadap pesta demokrasi Pilgub, mari kita bersama menjaga OKU Timur tetap aman, dengan demikian kondisi birokrasi lancar masyarakat pun merasa aman,” tukasnya. (fah)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA