Gambar_Langit

Universitas Bina Darma Bakal Cetak Banyak Pencipta Robot

waktu baca 2 menit
Jumat, 4 Jun 2021 18:52 0 109 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Universitas Bina Darma selalu berupaya melakukan pembaharuan-pembaharuan, melakukan kerjasama internal maupun eksternal, sehingga terjadi sinergi dalam meningkat kualitas pendidikan.

Pada 4 Juni 2021 Rektor Universitas Bina Darma Dr. Sunda Ariana, M.Pd.,M.M., didampingi oleh seluruh Wakil Rektor dan Ketua Program Studi menerima kunjungan silaturahmi dari Universitas MDP Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Wijang Widiarso.

“Kunjungan ini membahas tentang kolaborasi antara Universitas Bina Darma dan Universitas MDP di bidang Robotika,” ungkap Rektor Universitas Bina Darma, Dr Sunda Ariana MPd MM.

Dikatakan, kegiatan Robotika merupakan kegiatan positif mahasiswa yang dapat meningkatkan kreatifitas dalam mempraktekkan ilmu yang didapatkan selama kuliah.

“Sebagaimana diketahui Universitas Bina Darma juga memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa dibidang Robotika yaitu UKM Autobot yang telah beberapa kali kesempatan mengikuti kompetisi robotika tingkat di sumsel maupun di tingkat Nasional,” ujarnya.

“Dengan adanya kerjasama ini kedepan ditingkatkan lagi kegiatan kemahasiswaan berkaitan dengan Robotika. Kegiatan ini rencana akan direalisasikan oleh Program Studi Teknik Informatika dan teknik Elektro,” tambahnya.

Selain itu, Sunda menambahkan dibahas juga kerjasama dibidang Akademik yang meliputi kegiatan yang berkaitan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dimana akan terjadi kolaborasi berupa pertukaran Mahasiswa dan juga pertukaran dosen anatar Universitas Bina Darma dan Universitas MDP.

“Dibidang Riset rencana akan diadakan kerjasama dalam bentuk riset bersama, dan juga sharing ilmu dibidang penelitian. Salah satu bentuknya adalah sharing editor jurnal,” bebernya.

Dalam kesempatan ini Rektor Universitas Bina Darma menyatakan menyambut baik kunjungan dari Universitas MDP tersebut, beliau juga menyatakan untuk pertemuan ini diteruskan ke dalam hubungan kerja sama antar Universitas.

“Masing-masing Univeritas memiliki keunggulan yang nantinya bisa dikolaborasikan sehingga menghasilkan produk yang bermanfaat untuk lingkungan sekitar,” urainya.

Universitas MDP juga menyempatkan berkunjung ke Laboratorium Data Science yang di miliki Universitas Bina Darma. Laboratorium Data Science yang dimiliki oleh Universitas Bina Darma selain dimanfaankan sebagai sarana Riset bagi penelitian dosen dan mahasiswa dibidang data science, machine learning, deep Learning dan visualisasi data.(ril)

LAINNYA