Gambar_Langit Gambar_Langit

Kampung KB Tiap Kecamatan di Sumsel

waktu baca 3 menit
Selasa, 21 Feb 2017 12:20 0 120 Redaktur Pelita Sumsel

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sebanyak 20 Kecamatan di Kabupaten OKU Timur akan memiliki kampung KB yang bertujuan untuk menekan angka pertumbuhan penduduk dan mendukung program pemerintah dalam menciptakan keluarga kecil sejahtera. Hal itu diungkapkan ketua TP PKK Kabupaten OKU Timur Hj Rusmiyati Kholid dalam sambutannya pada acara Pembentukan Kampung KB Tingkat Kecamatan Se-Provinsi Sumsel dan Pencanangan Bhakti Sosial TNI BK-kes 2017 di Desa Campang Tiga Ilir, Kecamatan Cempaka, Kabupaten OKU Timur Senin (20/2/2017).

 

Kegiatan tersebut dihadiri oleh kepala BKKN RI dr SuryaCandra Surapaty, MPH, Bupati OKU Timur HM Kholid MD, Kepala BKKBN Sumsel Drs Waspi, Kepala Dinas PPKB kabupaten/kota Se-Sumsel, serta unsur muspida.

 

Ruamiyati berharap, Dengan adanya kegiatan tersebut dapat meningkatkan antusias masyarakat dalam mengikuti program KB mulai dari tingkat desa, hingga perkotaan sesuai dengan program pemerintah dalam menekan meningkatnya angka pertumbuhan kependudukan.

 

“Tujuan utama dari program KB tersebut adalah membentuk keluarga kecil yang bahagia dan berkualitas,” katanya.

 

Dengan adanya program satu kecamatan satu kampung KB tersebut, dia berharap, pemerintah daerah maupun pihak swasta dapat ikut serta dalam memfasilitasi pendampingan dan pembinaan masyarakat agar turut serta berperan aktif dalam pengendalian pertumbuhan penduduk seperti KB maupun dalam indikator pembangunan lintas sektoral lainnya.

 

“Pada tahun 2016 lalu telah dicanangkan kampung KB di setiap kabupaten, dan OKU Timur sudah membentuk kampung di wilayah kecamatan Jayapura. Sedangkan untuk tahun 2017 akan dibentuk kampung KB disetiap kecamatan sehingga OKU Timur kedepan akan memiliki 20 kampung KB sesuai dengan jumlah kecamatan yang ada,” katanya.

 

Sementara Kepala BKKBN RI dr Surya Chandra berharap agar seluruh penggerak KB yang ada di Sumsel dalam melakukan pengelolaan kampung KB dengan serius mengingat program pemerintah saat ini adalah untuk menekan pertumbuhan penduduk.

 

“Dikhawatirkan tahun-tahun selanjutnya akan terjadi pertumbuhan penduduk yang sangat tinggi jika tidak dilakukan upaya penekanan pertumbuhan penduduk dari saat ini. Tingginya pertumbuhan penduduk tentu saja akan mengancam ketananan pangan nasional,” katanya.

 

Dia meminta kepada seluruh element masyarakat untuk menjadi motivator dalam dan komunikator dalam menyampaikan pentingnya mengikuti program KB tersebut. Tentunya kata dia, keberadaan kampung KB yang telah diresmikan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat sehingga program yang dirancang tidak sia-sia.

 

Sedangkan Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan bahwa program KB di OKU Timur saat ini masih bersifat jangka pendek yang sebagian besar masih menggunakan pil dan Kondom. Dia berharap masyarakat dapat mengikuti program KB jangka panjang sehingga apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat benar-benar bisa tercapai.

 

“OKU Timur dalam hal KB ini masih mengalami kekurangan dokter harapan kedepan tentunya ada dokter khusus yang bisa menerapkan MOP tersebut,” katanya.

 

Sementara Kepala Dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana OKU Timur Juwairiyah SE MM dalam sambutannya, mengatakan dalam kegiatan tersebut selain diresmikan pencanangan kampung KB, juga dilaksanakan pemberian bantuan berupa peralatan KB, serta benih padi dan jagung. Selain itu digelar juga pelayanan kesehatan gratis mulai dari KB gratis, berupa IUD, implant suntik, pil dan kondom dengan bekerjasama dengan dinas kesehatan Kabupaten OKU Timur.

 

“Kita juga melayani pelayanan kesehatan secara gratis, sunatan massal, pemeriksaan golongan darah dan digelar juga pameran UPPks,” katanya.

 

Dalam kesempatan itu juga diserahkan bantuan kepada masyarakat berupa IUD (Intra Uterine Device), benih jangung sebanyak 15,5 ton untuk lahan seluas 1035 hektare (Ha) benih padi sebanyak 12,5 Ton untuk lahan seluas 500 Ha dan bantuan pembuatan WC untuk 200 kepala keluarga yang tersebar di 20 kecamatan di OKU Timur. (Ril/rfn)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA