Gambar_Langit Gambar_Langit

MTI Sumsel Pelopori Pembuatan Biopori di Jalan

waktu baca 2 menit
Kamis, 26 Jan 2017 07:16 0 163 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Untuk  mewujudkan jalan yang bebas banjir dan genangan air, Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Wilayah Sumatera Selatan melakukan kegiatan pembuatan sejuta Biopori di tepi jalan.

Pencanangan program satu juta biopori di Sumatera Selatan dimulai pelaksanaannya, Kamis (26/1/2017).

Program kemanusiaan dan sosial Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Sumsel ini digelar perdana oleh Walikota Palembang dan Ketua MTI Sumsel di Jalan Residen Abdul Rozak.

Walikota Palembang yang diwakii Staf Ahli Bidang Pensosmas, Rubinsi  mengatakan pihaknya memberikan apresiasi kepada MTI Sumsel yang telah membantu pemerintah dalam meminimalisir banjir di kota ini.

Sementara Ketua MTI Sumsel Prof Erika Buchari mengajak masyarakat untuk membuka mata agar peduli terhadap kota.

Satu juta biopori, katanya, adalah jumlah yang banyak namun dengan kekuatan bersama semuanya bisa dibuat.

Sehingga musuh jalan, bandara, terminal dan stasiun yang merupakan fasilitas umum adalah air itu dapat diatasi.

Menurut Erika, memelihara jalan adalah bagian dari usaha kerekonimian. Untuk itu membuat biopori yang merupakan lubang di mana di dalamnya dimasukkan bahan organik untuk makluk tanah akan mempercepat resapan air mengalir

“Siapa yang peduli, biopori. Kegiatan ini akan diteruskan dan mari kita buka mata kita dan stop berfikir bahwa ini hanya urusan pemerintah saja. Namun ini tanggung jawab kita semua,” kata Erika dihadapan peserta Diklat Angkatan Udara se Indonesia, dan mahasisawa dari Universitas Sriwidjaja Palembang.  

Lebih lanjut, Erika mengatakan, untuk pembuatan Biopori dibutuhkan kerjasama semua pihak agar program tersebut dapat berjalan secara maksimal.

“Kalau tidak dilakukan secara gotong royong dan bersama tidak akan berhasil, jadi kita harus berkolaborasi dengan berbagai pihak agar program Biopori ini berhasil dan tidak terjadi lagi genangan air diruas ruas jalan,” tambah dia.

Erika berharap, program Biopori yang dilakukan oleh MTI Sumsel didukung dengan baik agar daerah rawan banjir di Palembang dapat diatasi dengan baik.(rill)

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA