Gambar_Langit Gambar_Langit

Alex: Penikmat Teknologi Haruslah Cerdas

waktu baca 3 menit
Selasa, 24 Jan 2017 12:31 0 78 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel-Menghadapi kemajuan akan teknologi yang terus berkembang di seluruh lapisan dunia, konsekuensinya tentu saja akan menemui dampak positif dan negatifnya. Mangkanya jadilah pengguna teknologi yang cerdas, sebab kalau  tidak kita akan lebih mudah terpengaruh dampak negatif teknologi. Pandangan itu disampaikan Gubernur Sumatera Selatan H. Alex Noerdin pada acara silaturahmi bersama  DHD Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan (BPPK)’45 Provinsi Sumsel dan DHC BPPK’45 se-Provinsi Sumsel dengan tema ” Mengamalkan pancasila adalah suatu keharusan untuk keutuhan dan kesinambungan NKRI” di Griya Agung. Selasa (24/13)

Kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dihindari, sebab teknologi merupakan sarana kebutuhan yang segala sesuatunya dipertujukan untuk mempermudah khalayak. Kendati demikian perkembangan teknologi tidak hanya memberikan dampak positif justru menjadi sorotan utamanya adalah dampak negatifnya untuk semua kalangan. Oleh sebab itu sangat pentingnya memanfaatkan teknologi yang sesuai peruntukannya dan pertanggungjawabanya.

Dalam hal ini Alex Noerdin menegaskan, sebagai Gubernur Sumsel sudah pasti menjadi tanggung jawabnya dalam memikul amanah membangun negri ini membangun sebuah wilayah yang memberikan kontribusi terbaik untuk semua masyarakat. Dalam hal ini menanggapi masalah dampak negatif teknologi perlu adanya perhatian dari semua pihak, sebab kalau menggunakan teknologi yang sangat maju di era sekarang siap-siap menerima dampaknya tentunya tak hanya dampak positif saja melainkan dampak negatifnya.

“Saya punya usul Pemerintah harus segera membangun satu Information Center 24 jam dengan ratusan penjaganya, agar ribuan orang yang bertanya berita yang masuk ke smartphonenya langsung bisa ditanyakan kebenaranya,”harapnya

Lanjut Alex, sebagai penikmat teknologi haruslah cerdas dalam memilah dan memilih mana yang baik untuk di ikuti, sebab kalau tidak kita akan menjadi bulan-bulanan oknum yang tidak bertanggung jawab dalam menyebar luaskan berita hoax. Nomor satu dalam upaya mencegah dampak negatif dari teknologi adalah pendidikan, serta ajarkan teladan yang baik untuk anak-anak dalam menggunakan teknologi sesuai peruntukan, tak hanya itu saja membatasi anak untuk menggunakan sosial media juga menjadi salah satu bentuk menanggulangi dampak negatif teknologi. Untuk menanggapi kasus ini kiranya perlu ada perhatian dari semua pihak.

“Jadilah orang tua yang dibanggakan anaknya, berikan contoh yang baik, contohnyo kalu pengen anak nyo dak merokok, yo jangan merokok kepas-kepus depan anak,” himbaunya

Masih Alex, dampak nya itu untuk kita semua, ditambah lagi kecanggihan teknologi sekarang telepon genggam telah berdalih menjadi Smartphone, tentu saja akan menemui dua sisi yaitu negatif dan postitifnya,  kalau positifnya tidak perlu diragukan lagi akan tetapi negatifnyalah yang jadi masalah.

Dampak negatifnya bisa dicegah dengan perluas wawasan. Sehubungan dengan Kemajuan teknologi didunia harusnya juga diiringi sumber daya manusia di Sumsel yang cerdas. Apalagi Sumsel terkenal akan kemajuan-kemajuan insfratruktur dengan banyaknya pembangunan yang membuat Sumsel diperhitungkan dimata dunia.

“Cari di seluruh Indonesia yang sama seperti Sumsel, banggalah menjadi masyrakat Sumsel dan marilah lindungi Sumsel dari dampak negatif teknologi,”ajaknya (ril/adm)

 

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA