Gambar_Langit Gambar_Langit

Empat Cara Alami Usir Tikus 

waktu baca 3 menit
Minggu, 8 Jan 2017 02:15 0 117 Redaktur Pelita Sumsel

 

Pelita Sumsel-Tikus adalah mamalia yang termasuk dalam suku Muridae. Spesies tikus yang paling populer adalah mencit (Mus spp.) serta tikus got (Rattus norvegicus), yang ditemukan hampir di semua negara.

Kedua jenis tikus ini mudah dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hewan pengganggu. Kebiasaan mencit adalah menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari.

Sedangkan tikus got yang umumnya tinggal di gorong-gorong daerah permukiman warga, mempertahankan hidupnya dengan memakan sisa makanan manusia atau sampah yang berasal dari mana saja. Tikus got juga sering diklaim sebagai pembawa penyakit, terutama penyakit tipes. Selain itu, seringkali mereka mengotori makanan manusia saat malam hari.

Kehadiran tikus di rumah tentu membuat penghuni merasa geram, apalagi jika mereka sampai membuat sarang di dapur atau ruang penyimpanan. Berbagai upaya pun dilakukan, mulai dari memasang perangkap atau lem tikus di jalur yang kerap dilaluinya. Akan tetapi bila cara ini belum memberikan hasil yang maksimal, membasmi tikus dengan empat cara alami berikut ini sepertinya patut dicoba.

Saus sambal, deterjen, air

Trik pertama yang bisa dilakukan adalah meracik ramuan alami yang terdiri dari saus sambal yang menurut Anda memiliki rasa super pedas, deterjen pakaian, lalu dilarutkan dengan air bersih, dan dimasukkan ke dalam botol semprot.

Untuk memburu tikus dengan cara ini, terlebih dahulu Anda harus mengetahui aktivitas si tikus pada waktu tertentu. Kemudian, berjagalah di sekitar sarang atau pusat kegiatannya mencari makan, dengan memegang botol semprot di tangan.

Saat tikus menunjukkan kepalanya, semprotkan ramuan ini sebanyak-banyaknya hingga tikus lemas terkulai. Dan ingat, sebaiknya gunakan kacamata saat melakukan perburuan ini guna menghindari iritasi mata.

Larutan daun mint

Daun mint merupakan salah satu dedaunan yang memiliki manfaat dan khasiat bagi manusia. Beberapa kandungan mint yang berguna untuk daya tahan tubuh adalah antioksidan, serta beberapa vitamin seperti vitamin C, A, D dan E. Kalsium dan fosfor merupakan contoh kandungan mineral yang ada di daun mint.

Tidak hanya memberikan sejumlah manfaat terhadap kesehatan tubuh, daun mint rupanya bisa menjadi jurus alami pengusir tikus. Sebabnya, tikus sangat tidak menyukai aroma daun mint.

Gunakan 1 atau 2 ikat daun mint, lalu ambil sarinya dan larutkan ke dalam air. Jika sudah larut, semprotkan larutan tersebut ke area yang sering dikunjungi atau dilalui tikus. Tak ayal, tikus pun akan menghindari tempat yang diberi larutan mint tersebut. Agar lebih optimal, Anda bisa menanam pohon mint dalam pot kecil dan letakkan di beberapa sudut rumah.

Buah mengkudu

Buah mengkudu yang baunya khas juga bisa digunakan untuk membasmi tikus. Cara meramunya pun cukup mudah, hanya dengan menghancurkan serta mencampurnya dengan air, kemudian siram ke daerah yang kerap dilewati tikus. Trik seperti ini relatif ampuh untuk diterapkan dalam mengusir tikus yang menetap di gudang.

Racun dari baking soda

Sebuah studi mengemukakan bahwa tikus ternyata tidak dapat bersendawa atau mengeluarkan gas dari dalam tubuhnya. Oleh karena itu, bubuk atau cairan baking soda disebut bisa dijadikan obat pengusir tikus.

Proses pembuataannya sangat gampang. Campurkan baking soda ke dalam makanan yang digemari tikus, atau sebarkan di dalam tong sampah yang sering dikunjungi tikus. Sisa makanan yang telah diberi racun inilah yang akhirnya bisa menyebabkan perut tikus menjadi kembung hingga berujung kematian. Hal ini lantaran tikus tidak dapat mengeluarkan gas hasil reaksi cairan soda dengan asam.(Fly)

Sumber: Rumahku.com

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA