Gambar_Langit Gambar_Langit

Poltekpar Palembang Penuhi SDM Kepariwisataan Sumsel

waktu baca 2 menit
Jumat, 25 Nov 2016 16:56 0 117 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, Pelita Sumsel- Ditengah kesibukannya sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan, HM Giri Ramanda tetap menyempatkan diri memberikan kuliah umum kepada mahasiswa Politeknik  Pariwisata (Poltekpar) Palembang, hal ini dilakukannya sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap peningkatan dunia kepariwisataan di Provinsi Sumatera Selatan.

Kegiatan ini dihadiri Asisten III Bidang Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Sumsel Ahmad Najib, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel, Irene Camelyn Sinaga sekaligus sebagai Direktur Poltekpar Palembang.

Dalam kuliah umumnyan HM Giri Ramanda menyampaikan banyak hal diantaranya mengenai penyelenggaraan event Internasional Asean Games. Menurutnyan, Event tingkat dunia ini terakhir berlangsung di Indonesia pada tahun 1962, dan baru akan terulang kembali di 2018 mendatang.

“Luar biasa sekali Asean Games dilaksanakan kembali di Indonesia 2018, dan Sumsel sebaga tuan rumah penyelenggara, suatu kebanggaan bagi kita Masyarakat Sumsel,” ujarnya di di Graha Bina Praja (Audiotorium) Pemprov Sumsel  (25/11).

Sehubugan dengan Asean Games, lanjut Giri Ramanda, mahasiswa harus menciptakan keramahan dan disiplin agar nantinya bisa  menjamu tamu dengan baik, sehingga menari minat wiasatawan untuk datang ke Bumi Sriwijaya.

”Harapan saya kedepan persaingan mahasiswa tak hanya wilayah Indonesia melainkan tingkat Asia Tenggara,”terang Politisi PDI Perjuanagan ini disela-sela kuliah umumnya.

Tak hanya itu, kata Giri, mahasiswa harus mempunyai modal utama diantaranya harus bisa menguasai Bahasa Inggris, sehingga mempermudah berkomunikasi dengan wisatawan asing, serta menciptakan kenyamanan tersendiri untuk para wisatawan asing selama berada di Sumsel.”Kalau mahasiswa tidak bisa berbahasa inggris bagaimana bisa menjamu tamu dari berbagai negara dengan baik,” tegasnya.

Sementara, Direktur Poltekpa Palembang, Irene Camelyn mengungkapkan, angkatan pertama tahun ini sebanyak 200 orang. Poltekpar sendiri merupakan perguruan tinggi yang di subsidi langsungh pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata RI. Menurutnya, dengan adanya Poltekpar Palembang, diharapkan akan memunculkan banyak peluang-peluang dari kabupaten/kota untuk terus meningkatkan dunia kepariwisaataan Sumsel.

“Saya harap angkatan pertama ini menjadi contoh bagi penerus selanjutnya, sehingga menjadikan Poltekpar makin berwarna,” tandasnya.

Poltekpar pertama di Sumsel ini, menyelenggarakan program pendidikan vokasi dalam disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi pariwisata. Pendirian Poltekpar yang berlokasi dikawasan Jakabaring Palembang ini, didukung penuh Pemerintah Provinsi Sumsel dengan harapan agar dapat memenuhi kebutuhan sumber daya manusia yang tersertifikasi dibidang pariwisata. (ril/sas)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA