Gambar_Langit Gambar_Langit

Pemuda Motor Perubahan

waktu baca 2 menit
Jumat, 28 Okt 2016 10:39 0 126 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, PelitaSumsel.com Pada tanggal 28 Oktober ini, Banghsa Indonesia peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) sebagai upaya untuk mengingatkan bangsa sejarah perjuangan seluruh elemen pemuda Indonesia.

Ppada peringatan upacara HSP ke-88 tahun 2016 dengan mengusung tema  pemuda Indonesia menatap dunia yang dilaksanakan di lapangan kantor Gubernur Sumatera Selatan, Jumat (28/10) dipimpin langsung Wakil Gubernur H Ishak Mekki.

Dalam sambutan Wagub Sumsel, Ishak Mekki yang membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) mengatakan, penghargaan dan hormat kepada Bung Karno sebagai Bapak Bangsa dan tokoh pemuda masa itu, yang meneriakkan kalimat yang sangat terkenal.

“Beri aku 1.000 orangtua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia,” ujarnya.

Lanjut Ishak, pertanyaan lainnya adalah, apa relevansinya bonus demografi Indonesia dengan pidato Bung Karno tentang sepuluh pemuda mengguncang dunia itu.

“Jika kita merenung dan merefleksikan pidato Bung Karno, bahwa Bung Karno hanya membutuhkan pemuda-pemudi unggul yang memiliki kualitas dan visi yang besar dalam menatap dunia,” jelasnya.

Sambung Ishak, ketika beberapa waktu yang lalu, Indonesia berhasil mengantarkan seorang Pemuda Indonesia usia 23 tahun bernama Rio Haryanto ke level tertinggi balap mobil internasional F1. Lalu tradisi emas di ajang Olimpiade Rio de Jeneiro Brasil melalui cabang olahraga bulutangkis. Semua orangpun tahu peraih medali emas itu adalah Owi-Butet, anak muda berusia 27 dan 30 tahun kemudian ada Joe Taslim, aktor muda yang berhasil mengguncang panggung Hollywood melalui Film Fast and Furious.

Hari ini adalah hari kebangkitan anak muda Indonesia. Dengan kemajuan teknologi, pemuda-pemuda Indonesia dari Sabang sampai Merauke terus bergerak memberikan sumbangsih pemikiran dan gagasannya untuk kesejahteraan dan kebesaran Bangsa Indonesia, terutama di mata dunia.

Rasanya tidak cukup jika harus menuliskan semua nama pemuda Indonesia yang hari ini mengharukan nama Indonesia di kancah internasional. Tokoh-tokoh pemuda yang disebutkan tadi hanyalah contoh untuk mengingat kembali pesan Bung Karno bahwa dengan pemuda yang hebat, benar-benar bisa menaklukkan dunia.

“Mari kita buktikan dalam sejarah Indonesia. Untuk kesekian kalinya pemuda Indonesia menjadi motor utama penentu perubahan Indonesia,”  tuturnya. (ril/daf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA