Home / SUMSEL / Optimalkan Pemanfaatan Sumber Daya, Sumsel dan Babel Jalin Kerjasama

Optimalkan Pemanfaatan Sumber Daya, Sumsel dan Babel Jalin Kerjasama

Bangka Belitung, PelitaSumsel.com – Dalam rangka peningkatan kerjasama pembangunan antar daerah, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjalin kesepakatan bersama dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk mengoptimalkan pemafaatan sumber daya yang dimiliki kedua daerah.

Ruang lingkup kerjasama meliputi bidang Pekerjaan Umum, Perhubungan, Enegri dan Sumber Daya Mineral, Ketahanan Pangan, Kebudayaan dan Pariwisata, Perindustrian dan Perdagangan, Penelitian dan Pengembangan, Olahraga, serta bidang lainnya yang disepakati bersama berdasarkan kebutuhan kedua daerah.

Penandatanganan kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama ini dilakukan langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin dan Gubernur Provinsi Kep. Babel Rustam Effendi, disaksikan langsung Deputi Bidang SDM, Iptek, Budaya dan Maritim, Dr. Ir. Syafri Burhanudin DEA, di Pendopo Tanjung Kelayang – Tanjung Pandan Kab. Belitung, Sabtu (22/10).

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Tanjung Api-Api (KEK TAA) Provinsi Sumsel didukung penuh oleh Presiden dan Wakil Presiden. Untuk itu, kesepakatan bersama ini salah satunya ditujukan agar manfaat yang ada di KEK TAA bisa dirasakan juga oleh daerah lain diluar Sumsel.

Menurut Alex Noerdin, Lokasi KEK TAA sangat dekat dengan wilayah Prov. Kep. Babel sehingga  Babel dapat mengambil manfaat dengan adanya kawasan terpadu ini.

“Seperti halnya Gas Sumsel yang telah menerangi Singapura selama bertahun-tahun akan dialirkan juga ke Bangka Belitung,” ungkap Alex.

Manfaat lain yang mungkin bisa si ambil dari kerjasama ini, kata Alex, yakni 2018 mendatang Sumsel sebagai tuan rumah event Internasional Asian Games,

“Palembang lebih siap dari Jakarta, dan Insya Allah lebih baik dari Jakarta, modal kami pengalaman, kerja keras dan kemauan,” terang Alex.

Deputi Bidang SDM, Iptek, Budaya dan Maritim, Dr. Ir. Syafri Burhanudin DEA mengatakan, sangat mengapresiasi atas kesepakatan bersama dan perjanjian kerjasama yang dilakukan Pemprov. Sumsel dan Babel. Melalui hal ini diharapkan sinergitas pembangunan Sumsel dan Babel dapat terus meningkat.

“Saya sangat mengapresiasi dengan adanya kawasan terpadu Tanjung Api-Api, sinergitas Sumsel dan Babel
Terkait TAA kita harapkan terus ditingkatkan,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Provinsi Kep. Babel Rustam Effendi mengatakan, dari kerjasama yang dilakukan akan memberikan manfaat yang baik bagi kedua daerah khususnya dalam mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya yang dimiliki.

“Diharapkan kerja sama ini dapat memberikan manfaat yg baik bagi kedua pihak, dalam kerjasama ini terdiri dari beberapa bidang sasaran kerja sama,” tandasnya.

Untuk diketahui, Kerjasama bidang perhubungan Sumsel dan Babel direncanakan akan dibuat jalur perintis, yang menghubungkan langsung Provinsi Sumsel-Provinsi Babel. Jalur perintis tersebut, akan melibatkan kerjasama arus lalu lintas barang pangan antar kedua provinsi.

Untuk bidang Pariwisata, direncanakan akan dilakukan kerjasama kedua Provinsi dengan membuat paket wisata bersama termasuk rute penerbangan didalamnya, seperti yang diketahui, Provinsi Babel mempunyai laut, pantai. Sedangkan Sumsel, lebih mengunggulkan dalam wisata religius. Paket wisata bersama akan menjadi terobosan baik peningkatan dunia kepariwisataan Sumsel dan Babel. (ril/wdd)

PelitaSumsel.com Media Terverifikasi Dewan Pers alterntif text PelitaSumsel.com Media Dermawan Versi ACT Sumsel alterntif text
Bagikan Ini Di :
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN OKU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.