Gambar_Langit Gambar_Langit

Hari Kesaktian Pancasila: Mari Tolak Aksi Komunis Gaya Baru!

waktu baca 2 menit
Senin, 3 Okt 2016 11:04 0 129 Redaktur Pelita Sumsel

PALEMBANG, PelitaSumsel.com – Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melaksanakan apel upacara yang diikuti Pegawai Negeri Sipil (PNS) Provinsi Sumsel di Halaman Kantor Gubernur, Senin (03/10). Selaku Inspektur upacara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumsel H Mukti Sulaiman.

Pada sambutannya Gubernur Sumsel H Alex Noerdin yang wakili Sekda H Mukti Sulaiman mengatakan, peristiwa Gerakan 30 September 1965 yang dikenal dengan G 30 S PKI) merupakan tragedi dalam sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Dimana  Partai Komunis Indonesia (PKI) melakukan tindakan makar dengan membunuh 7 orang jenderal setelah menculik dan menyiksa keji tanpa peri kemanusiaan.

Gugurnya tujuh Jenderal sebagai Pahlawan Revolusi menyadarkan, bahwa PKI berusaha mengubah ideologi dan dasar Negara Indonesia Pancasila Menjadi ideologi dan dasar negara komunis.

Hal ini sangat bertentangan dengan cita-cita dan tujuan Bangsa Indonesia sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945.

Upacara Hari Kesatian Pancasila merupakan eksistensi dan resistensi bangsa Indonesia untuk membela dengan mempertahankan ideologi dan dasar negara pancasila dari rong-rongan ideologi komunis.

Mukti Sulaiman mengatakan, di era demokratisasi dan kebebasan berekspresi ini mari rapatkan barisan dan perkuat diri dengan nilai-nilai dan jiwa Pancasila.

“Kita wajib menolak melawan setiap upaya tindakan Komunis Gaya Baru (KGB) yang akan menghidupkan kembali paham dan ideologi komunis yang bertentangan dengan ideologi Pancasila,” kata Sekda saat membacakan amanat dari Gubernur Alex Noerdin.

Menelandani momentum Kesaktian Pancasila perlu dibangkitkan kewaspadaan terhadap gerakan KGB dengan memperkuat pemahaman Pancasila ideologi dan dasar negara.

“Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila mari kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutupnya. (daf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA