Gambar_Langit Gambar_Langit

Hadapi Lonjakan Sampah Pas Lebaran, Palembang Masih Butuh 500 Petugas Lapang

waktu baca 1 menit
Rabu, 21 Jun 2017 22:57 0 107 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang telah siap menghadapi jumlah lonjakan kuota sampah yang sudah rutin terjadi pada setiap Lebaran setiap tahunnya.

Hal ini di diungkapkan Kepala DLHK Kota Palembang Faisal AR saat dihubungi, Rabu (21/6) walaupun dilapangan  masih kekurangan petugas.

“Bukan masih kurang, tapi memang masih kurang nian. Saat ini jumlah pegawai DLHK ada sekitar 1.300 orang petugas, sedangkan petugas untuk nyapu jalanan itu ada 323 orang,” ungkapnya saat dihubungi, Rabu (21/6).

Menurut Faisal, pihaknya masih membutuhkan sekitar 500 orang petugas lagi di lapangan guna bisa memaksimalkan kinerja DLHK dalam membersihkan seluruh sampah di Palembang.

“Kan jumlah petugas ini harus sesuai dengan anggaran, karena memang anggaran Pemkot Palembang belum cukup untuk jumlah tersebut, makanya kita sudah ajukan di anggaran tahun 2018 mendatang. Mudah-mudahan dikabulkan,” tukas Faisal.

Ia menyebutkan, biasanya menjelang Ramadan kuota sampah meningkat sekitar 20 persen hingga 30 persen. Dimana hal itu terjadi pada H-1 hingga H+1 Hari Raya Idul Fitri.

“Jumlah kuota pada Hari Raya Idul Fitri biasanya mencapai 1200 ton perhari, dari yang hari biasa sekitar 200 hingga 900 ton perhari, dan Sabtu-Minggu atau libur sekitar 1.000 ton per harinya. Dimana sampah-sampah ini didominasi sampah rumah tangga,” pungkasnya (ra)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA