Gambar_Langit Gambar_Langit

Kerja Sama Libatkan Puluhan Media Bukti Kepedulian Pasangan JADI

waktu baca 3 menit
Jumat, 20 Sep 2024 21:18 0 1 Redaktur Romadon

 

OKI, Pelita Sumsel – Mendekati puncak kontestasi Pilkada serentak 2024, pasangan calon Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) HM Dja’far Shodiq dan Abdi Yanto Fikri (JADI) tampil dengan pendekatan yang berbeda.

Tidak hanya fokus pada visi pembangunan dan program kerja, pasangan JADI juga mengedepankan kepedulian yang nyata terhadap para jurnalis yang selama ini menjadi mitra penting dalam sejarah pengabdian mereka berkiprah di Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Berdirinya Media Centre JADI, sejak Juni 2024 lalu menjadi rumah bagi puluhan awak media sekaligus menegaskan kepedulian terhadap penggiat media bukanlah sekedar omongan belaka. Sedikitnya 90 media tercatat sebagai mitra resmi pasangan JADI bidang penyampaian informasi dan publikasi.

Ketua Media Centre JADI Salim Kosim, mengatakan media seringkali menjadi jembatan penting antara calon pemimpin dengan masyarakat. Namun, di tengah ketatnya persaingan politik jelang pilkada OKI, pasangan JADI tak hanya memandang jurnalis sebagai sekadar alat kampanye atau mitra penyebaran informasi.

“Keberadaan Media Centre salah satu wujud kepedulian paslon JADI terhadap insan pers. Wartawan seringkali disebut sebagai mitra, tapi acapkali hanya kata-kata saja tanpa wujud konkret. Ditambah lagi dengan kesepakatan kerjasama dengan puluhan perusahaan media, JADI menunjukkan bahwa kepedulian kedua paslon melalui bukti konkret,” ujarnya di Posko Media Centre JADI di Jalan Pahlawan, Kayuagung. (20/9/2024).

Lanjut Salim, bukan hanya sebagai pusat penyebaran informasi, jug berperan sebagai pusat pergerakan Anti Hoaks atau tangkal kabar bohong lainnya. Dengan dukungan delapan orang tenaga profesional di bidang media dan penggiat kontrol sosial,

Kembali sejenak, diungkapkan Salim, disini juga, sebagai tempat diskusi rekan sesama profesi yang menginginkan keterlibatan langsung dalam pilkada. Dimana awalnya, merupakan masukan dari keinginan rekan-rekan yang kemudian direspon positif oleh pasangan JADI untuk memberikan ruang bagi rekan-rekan media berpartisipasi lebih jauh dalam pola kerjasama publikasi,

“Dengan demikian, bukan hanya sebagai tempat berbagi informasi dan koordinasi, Media Centre JADI juga memastikan bahwa para jurnalis mendapatkan hak mereka secara adil,” ucapnya.

Salim mengakui, mungkin dari sebagian rekan-rekan media memandang nilai kontrak kerjasama tersebut bukanlah harga ideal untuk penyebaran informasi, namun ia berharap hal itu dipandang sebagai komitmen serta ketulusan pasangan JADI untuk tetap bersama-sama melangkah dengan rekan media,

“Jangan lihat dari nilai kontraknya, tapi bagaimana pasangan JADI punya niat tulus untuk terus bersama rekan-rekan. Komitmen jangka panjang bersama pasangan JADI berawal dari titik sekarang ini,” bebernya.

Awalnya, Media Centre JADI dibuka dengan menargetkan secara sederhana, yakni menyediakan ruang bagi 50 media untuk bersinergi. Namun, seiring dengan berkembangnya kepercayaan dan antusiasme dari kalangan penggiat media, dari target semula, jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat.

Koordinator Divisi Media Sosial dan Konten Tim Pemenangan JADI, Rachmat Sutjipto, mengungkapkan bahwa sejak awal peluncurannya, terjadi lonjakan signifikan dalam pendaftaran media. “Dari semula kita targetkan 50 media, kini sudah membengkak menjadi 93. Atas petunjuk langsung dari pasangan calon, kenaikan ini disetujui, meskipun sebenarnya di luar ekspektasi awal kami,” jelasnya.

Rachmat menambahkan bahwa kenaikan jumlah media yang bergabung bukan hanya sekadar angka. Ini menunjukkan besarnya kepercayaan yang diberikan oleh para wartawan terhadap pasangan JADI.

“Mereka tidak hanya sekadar liputan, tapi benar-benar ingin berpartisipasi dalam menyebarkan pesan-pesan pasangan JADI. Lonjakan ini menjadi tanda bahwa ada hubungan saling menghormati yang terbangun di antara kedua belah pihak,” ujarnya (Habibah/Andi).

LAINNYA