Gambar_Langit Gambar_Langit

Hari Jadi Kabupaten OKU, Pj Gubernur Sumsel Apresiasi Kemiskinan Ekstrem Turun Signifikan

waktu baca 4 menit
Selasa, 30 Jul 2024 23:48 0 37 Redaktur Romadon

 

Baturaja, Pelita Sumsel – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Elen Setiadi, S.H, M.S.E didampingi oleh Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Melza Elen Setiadi, menghadiri Rapat Paripurna ke XV masa persidangan ke-3 tahun sidang 2024 DPRD Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten OKU Ke-114, bertempat di Gedung Kesenian Kabupaten OKU,  Senin (29/7/2024) Siang.

Dalam kata sambutannya, Pj Gubernur Elen Setiadi mengatakan, Peringatan hari jadi Kabupaten OKU mengandung pesan bagi ku untuk selalu mengevaluasi semua kegiatan yang telah maupun yang akan dilakukan.

“Dengan rasa bangga, Saya sampaikan selamat memperingati hari jadi ke-114 kepada Pemerintah Daerah dan masyarakat Kabupaten Ogan Komering Ulu. Setiap keberhasilan pembangunan agar terus dipertahankan dan disempurnakan, dan di sisi lain setiap hambatan dan kendala pembangunan kiranya menjadi bahan evaluasi guna perbaikan di masa mendatang,” ungkapnya.

Melalui tema yang diangkat dalam peringatan hari jadi Kabupaten Ogan Komering Ulu Tahun 2024 ini, yaitu “Sinergi Utuh, OKU Tumbuh, Semakin Tangguh”, Elen berharap akan menjadi pendorong semangat, penguat itikad, dan pengokoh tekad bagi semua masyarakat Kabupaten OKU untuk menjadikan Kabupaten OKU semakin maju, dengan berbagai prestasi pembangunan, keberhasilan tata kelola pemerintahan, dan peningkatan kesejahteraan.

“Segenap jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para penyelenggara pemerintahan daerah, dan tokoh-tokoh masyarakat dalam berbagai generasi sejak terbentuknya Kabupaten Ogan Komering Ulu hingga saat ini yang secara nyata sudah berkontribusi dalam perjalanan sejarah Kabupaten Ogan Komering Ulu,” tuturnya.

Elen mengajak seluruh unsur elemen masyarakat Kabupaten OKU menjadikan momentum peringatan hari jadi, sebagai sarana guna memperkuat silaturahmi, sehingga akan tercipta suatu komunikasi yang dapat memberikan manfaat untuk bersama-sama melakukan perubahan dan perbaikan kedepannya.

“Masih banyak tantangan ke depan yang harus kita capai bersama, tentu kami membutuhkan dukungan seluruh OPD dibawah Kepemimpinan Pak Bupati, juga DPRD dan seluruh tokoh masyarakat, kita apresiasi bahwa tingkat kemiskinan ekstrem di OKU sudah sangat baik sekali, bahkan ini lebih baik dari tingkat nasional, ini adalah keberhasilan yang sangat signifikan,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini pula, Elen mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu yang telah berhasil mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain telah berhasil mempertahankan Predikat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) ke 9 (sembilan) kali secara berturut-turut dari BPK Republik Indonesia beberapa waktu yang lalu.

“Pemberian opini WTP ini berdasarkan hasil audit dan penilaian yang dilakukan oleh BPK terhadap keberhasilan penyusunan dan penyajian laporan keuangan pemerintah daerah. Tentunya penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi untuk menciptakan peluang lainnya, namun yang perlu menjadi perhatian khusus adalah bagaimana peluang itu dapat bermanfaat dan membawa nilai tersendiri bagi masyarakat kabupaten OKU,” tandasnya.

Sementara Pj  Bupati  OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan, Usia Kabupaten OKU yang ke-114 tahun secara makro telah banyak pencapaian di berbagai bidang, dimana berdasarkan data yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten OKU terdapat tren positif, diantaranya jumlah penduduk miskin di kabupaten OKU mengalami penurunan sebesar 0,78% dari 11,46% pada tahun 2023 menjadi 10,68% pada tahun 2024.

“Begitu pula dengan tingkat pengangguran terbuka mengalami penurunan sebesar 0,26 dari 4,39% pada tahun 2022 menjadi 4,13% pada tahun 2023,” katanya.

Indeks pembangunan manusia (IPM), lanjut Tedy menguraikan secara rinci, mengalami kenaikan sebesar 0,76 dari 72,41% pada tahun 2022 menjadi 73,17% , pada tahun 2023.

“Hingga saat ini, kabupaten OKU masih menduduki peringkat pertama untuk ipm di provinsi sumsel dalam kategori wilayah otonom kabupaten,” tuturnya.

Indeks gini mengalami penurunan sebesar 0,026% dari 0,347% pada tahun 2022, menjadi 0,321% pada tahun 2023.
Dari sisi pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten OKU telah meraih opini wajar tanpa pengecualian (wtp) dari Badan Pemeriksa Keuangan RI sebanyak sembilan kali secara berturut-turut.

“Perolehan opini wtp tersebut tentu tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak, baik legislatif maupun eksekutif dan pihak yang terkait lainnya. pada bidang-bidang lain, pemerintah kabupaten OKU juga telah meraih berbagai macam penghargaan, baik tingkat nasional maupun tingkat provinsi. hal ini membuktikan bahwa kabupaten OKU dapat bersaing dan mensejajarkan diri dengan kabupaten/kota di seluruh Indonesia,” tandasnya.

Usai paripurna dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan foto bersama Pj Gubernur didampingi Pj Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumsel Melza Elen.

LAINNYA