Gambar_Langit Gambar_Langit

Sekda Buka Rakor Gugus Tugas Reforma Agraria Provinsi Sumsel Tahun 2024

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Jun 2024 20:59 0 12 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel -Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) SA Supriono didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Sumsel Edward Chandra membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Provinsi Sumsel Tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Santika Radial, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (4/6/2024).

“Saya berharap Rakor GTRA ini dapat menemukan solusi terbaik dalam menyelesaikan masalah-masalah perhutanan dan lahan dan tanah-tanah yang merupakan aset negara dengan batas-batas agraria sehingga dapat dikelola dengan baik,” ucap Supriono.

Supriono mengatakan GTRA yang beranggotakan Pemprov Sumsel, TNI, Polri dan Kejaksaan diharapkan mampu meningkatkan perannya dalam menghadapi berbagai persoalan agraria di masa mendatang. Terutama terkait dengan kebutuhan tata ruang, aturan reforma agraria, perizinan, sengketa tanah, izin lokasi dan pemalsuan dokumen kepemilikan tanah masyarakat bahkan milik pemerintah.

“Semoga melalui rakor ini dapat memberikan pandangan dan pengetahuan reforma agraria. Sekaligus diimplementasikan di lapangan sehingga bermanfaat bagi masyarakat,” kata Supriono.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sumsel Asnawati mengatakan gugus tugas GTRA telah didirikan sejak tahun 2018. Menurutnya, rakor yang digelar kali ini menjadi sarana meningkatkan sinergitas antar lembaga.

“Rapat ini merupakan rangkaian awal memulai kegiatan GTRA. Sesuai tema kegiatan ini adalah momentum sinergi antara pemerintah daerah,” ujar Asnawati.

Dia berharap Pemprov Sumsel dapat memasukan program reforma agraria di RPJMD dan mengalokasikan anggaran pendapatan daerah.

“Kami berharap kapasitas GTRA akan semakin kuat dalam bersinergi, berkolaborasi dan mengimplementasikan tugasnya sesuai aturan berlaku,” imbuhnya.

LAINNYA