Gambar_Langit Gambar_Langit

Penjualan Hampers Meningkat Jelang Lebaran

waktu baca 3 menit
Rabu, 3 Apr 2024 21:31 0 32 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel- Pesanan hampers atau parsel menjelang hari raya idul fitri mengalami peningkatan drastis dari hari biasanya.

Salah satu pengerajin hampers yang ketiban rezeki yakni Glenda Gallery yang sudah menerima orderan 200 an hampers.

Yulianti Owner Glenda Gallery mengatakan memasuki awal ramadan galerynya sudah banyak menerima orderan hampers mulai dari produk pecah belah atau porcelen dan makanan.

“Pemesanan banyak datang dari corporate dan instasi pemerintahan. Untuk pemesanan banyak yang pesan hampers porcelen. Untuk makanan juga ada tapi dari saya tidak stok banyak,” ungkapnya, Rabu (3/4/2024).

Glenda gallery berada di Jalan Riau komplek ruko Village Bukit Besar, Kecamatan Ilir Barat I Kota Palembang. Saat berkunjung ke Glenda Gallery, terlihat karyawan sedang sibuk dengan pekerjaan masing – masing.

Peruntukan masing – masing. Seperti di lantai 1 merupakan gallery hampers yang sudah siap untuk di jual atau diambil para pemesanannya. Nampak barisan hampers dari porcelen sudah tersusun rapi.

Masih di lantai satu juga nampak di sebuah rak tersusun rapi toples – toples kue kering yang akan dibuat menjadi hampers.

Menuju ke lantai 2 terlihat karyawan yang sedang membuat desain untuk kotak hampers dan stiker. Di lantai tiga terlihat 3 karyawan dengan pekerjaan masing – masing sedang membuat hampers yang isinya toples dan cangkir set serta piring set.

Di Glenda Gallery ini untuk kotak hampers mereka membuat sendiri atau hand made dan berbeda dengan yang lain. Untuk kotak hampers khusus porcelen desain yang dibuat bentuk songket khas Palembang dan Turki.

“Untuk kotak hampers kita hand made dan nggak beli di luar. Desainnya juga kita sendiri yang buat jadi bener – bener ide sendiri dan buat sendiri limited edition,” katanya.

Jumlah kotak hampers yang dibuat juga tidak banyak jadi pelanggan yang order tidak bisa request. Sementara untuk kue kering, lanjut Yulianti ia juga membuat sendiri kue keringnya.

“Kalau pun beli cuma kacang, basreng, sumpia, wafer roll dan marning jagung beli dari distributor langsung,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, pihaknya bisa mengerjakan hampers dalam sehari 5 -10 hampers. Untuk jenis makanan khususnya kue kering hanya buat 30 hampers saja tapi untuk jenis kacang – kacangan, wafer roll dan lainnya itu tersedia 100 -150 pcs hampers dengan ukuran toples 600 ml – 1.300 ml.

Sementara untuk barang pecah belah atau porcelen itu beli dari pabrik langsung dan ada yang beli di luar negeri.

“Untuk harga hampers ada mulai dari Rp 65 ribu hingga Rp 1,8 juta tergantung jenis hampersnya. Kalau mahal itu produk dari luar negeri. Jadi bener – bener barang di Glenda Gallery ini beda dari yang lain,” ungkapnya.

“Untuk pesanan hampers yang paling banyak tetap yang dari porcelen,” tambahnya.

Diceritakan Yulianti, usaha hampersnya ini merupakan hobinya yang memang rajin merangkai. Sepulang kerja atau libur ia pasti mengerjakan hampers dari pesanan teman – teman kantor atau kerabat.

“Fokus membuka gallery ini sejak pulang naik haji sekitar 2017 dan juga setelah resign dari pekerjaan sebagai pegawai bank selama 21 tahun mengabdi,” katanya.

Yulianti menyebut, selama bekerja menjadi pegawai bank ia juga sudah rajin membuat hampers namun fokusnya masih terpecah – pecah karena bekerja. Jika ada orang pesanan itu mau ke rumah,kadang dirinya harus membagi waktu untuk bekerja dan melayani customer.

“Setelah resign, akhirnya memberanikan diri untuk membuka gallery di ruko ini agar kalau ada yang mau beli atau lihat langsung ke gallery. Dan sekarang sudah 8 tahun usaha ini dirintis,” ungkapnya.

Masih dikatakan Yulianti, semenjak orang – orang sudah tahu ada gallery pesanan hampers hingga lebaran nanti bisa mencapai 1.000 hampers.

“Pesanan kalau berkaca dari tahun kemaren bisa mencapai 1.000 hampers, semoga tahun ini bisa lebih,” tutupnya. (DN)

LAINNYA