Gambar_Langit Gambar_Langit

Polda Sumsel Kirim Ratusan Personil untuk Ikut Andil Atasi Karhutla di Kabupten OKI dan OI

waktu baca 2 menit
Selasa, 19 Sep 2023 22:49 0 85 Dety Saputri

PALEMBANG – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan mengirimkan ratusan personil untuk ikut andil mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Ogan Komering llir (OKI) dan Kabupaten (Ogan Iir) Sumatera Selatan.

“Kami menambah sebanyak 126 personil untuk bertugas mengatasi karhutla setelah sebelumnya kami telah mengirimkan sebanyak 325 personil,” kata Wakapolda Sumsel Brigjen Pol M.Zulkarnain usai Apel pagi pelepasan personil di Mapolda Sumsel, selasa (19/9/2023).

la menambahkan ratusan personil tersebut akan beroperasi selama sepekan kedepan.

“Kami melihat situasi jika memungkinkan dalam waktu sepekan karhutla bisa diatasi. Namun apabila situasi dilapangan tidak memungkinkan maka personil akan kembali ditambah,” kata Brigjen Pol M.Zulkarnain.

la menambahkan personil yang dikerahkan dibekali dengan alat yang memadai mulai dari mobil AWC, beberapa unit mobil pemadam kebakaran, pompa air, hingga tangki air.

Personel yang diturunkan ke kabupaten rentan karhutla itu juga bertujuan untuk membantu masyarakat melakukan pencegahan dan penanggulangan karhutla baik lahan pertanian/ perkebunan di sekitar kawasan desa atau permukiman masyarakat.

la berharap para personil terus menjaga kondisi kesehatan sehingga mampu bekerja maksimal dan karhutla bisa segera diatasi.

“Karhutla ini harus diakhiri agar kabut asap yang terjadi akibat karhutla bisa hilang dan potensi penyakit pernapasan yang ditimbulkan akibat kabut asap tak ada lagi,” tutupnya.

Sementara itu Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM mengatakan pimpinan mengajak Personel laksanakan tugas ini dengan penuh keikhlasan yang diniatkan sebagai ibadah kepada Allah SWT dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.

Sedangkan operasional kendaraan hanya di sekitar jalan tol / lokasi lain yang memungkinkan dilewati mobil damkar, jangan dipaksakan untuk mask ke lahan gambut, karena kondisi lahan tersebut merupakan kawasan yang labil, Tingkatkan komunikasi dan kerja sama dengan intansi terkait guna memudahkan dalam penanggulangan Karhutla di wilayah operasi, upaya lainnya. Laporkan setiap hasil pelaksanaan tugas melalui aplikasi Stop Karhutla Polda Sumsel.

Tindak tegas jika ditemukan para pelaku pembakaran hutan dan lahan. Penebalan personel yang akan melaksanakan tugas BKO pada Ops Stop Karhutla Musi Tahun 2023 di 2 Kabupaten tersebut dengan menambahkan sebanyak 150 personel terdiri dari unsur Polri 82 personel dan non Polri 68 personel (Senkom 50 personel, Damkar 16 personel, 2 personel mobil tanki air), penebalan personel ini akan diperbantukan untuk penanggulangan Karhutla wilayah Poles Ogan Ilir.

Selain itu juga, akan diturunkan sarana dan prasarana pendukung lainnya yaitu 2 unit AWC, 4 unit kendardan Damkar, 1 unit truk tangki, 2 unit bus, 1 unit truk, 2 unit kendardan double cabin yang akan digunakan untuk melakukan pemadaman api diwilayah Kab. OKI dan Kabupaten Ogan Ilir.

LAINNYA