Gambar_Langit Gambar_Langit

SKK Migas Tegaskan Komitmen Ciptakan Profesional Wartawan

waktu baca 2 menit
Kamis, 31 Agu 2023 20:11 0 135 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel – Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan 43 dan 44 sukses digelar PWI Sumatera Selatan yang bekerjasama dengan SKK Migas dan KKKS wilayah Sumbagsel yang digelar mulai kemarin, dan ditutup hari ini, Kamis (31/8).

Mengusung tema wujudkan wartawan beretika, profesional dan berwawasan, dari 48 peserta 34 wartawan dinyatakan berhak menyandang predikat berkompeten.

Ketua PWI Sumsel Dr H Firdaus Komar mengucapkan selamat kepada wartawan yang telah menyandang predikat berkompeten.

“Alhamdulillah dengan 34 wartawan yang dinyatakan berkompeten hari, menambah daftar wartawan di Sumsel yang sudah profesional,”ucapnya.

Dirinya berharap agar wartawan yang telah menyandang predikat tersebut, bisa menjaga dan menjalankan profesi jurnalis sesuai kode etik.

“Yang belum berkompeten, jangan pantang menyerah, teruslah berusaha menjadi yang terbaik,”ucapnya.

“Hasil UKW hari ini dari 48 peserta yang mengikuti jenjang Muda, Madya dan Utama, 7 orang dinyatakan belum berkompeten, 7 peserta lainnya tidak hadir,”terangnya lebih lanjut.

Dilain itu,  Ketua Bidang Advokasi dan Pembelaan Wartawan PWI Pusat H. Ocktap Riady menegaskan bila, wartawan yang telah menyandang predikat berkompeten, harus bekerja lebih baik lagi.

“Siapa bilang kartu UKW tidak bisa dicabut, bisa saja bila melanggar kode etik jurnalis. Jadi bekerjalah sesuai dengan kode etik,”pesannya saat penutupan UKW di Hotel Beston, Kamis (31/8).

Dilain itu, Kepala Departemen Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Syafei Sadri menegaskan komitmennya mewujudkan dan meningkatkan sumber daya wartawan di Sumatera Selatan.

“Wartawan adalah mitra kami, dan semua kegiatan, program SKK Migas tidak akan terpublikasi tanpa bantuan awak media,”ucapnya saat pembukaan UKW, Rabu (30/8).

Dengan meningkatnya profesional wartawan, maka dalam hal pemberitaan akan lebih baik lagi.

“Kami tidak anti kritik, apa bila ada yang perlu di konfirmasi kami siap, dan dalam kode etik jurnalis, itu sudah diatur,” terangnya.

Dirinya juga berharap agar, jalinan kerjasama dan hubungan yang baik dengan PWI Sumsel dan Forum Jurnalis Migas (FJM) dapat terus terbina.

“Saya ingin, komunikasi dan hubungan baik yang telah terjalin dapat terus terbina,”ucapnya. (Ril/Don)

LAINNYA