Gambar_Langit Gambar_Langit

Pergeseran Trase Tol di Muba Jangan Sampai Timbulkan Efek Negatif

waktu baca 3 menit
Selasa, 11 Jul 2023 22:24 0 134 Redaktur Romadon

 

Sekayu, Pelita Sumsel -Progress pembangunan jalan Tol (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi terus dipantau oleh Pj Bupati Apriyadi Mahmud, bahkan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut menjadi atensi khusus untuk terus dikebut penyelesaiannya.

Adanya pergeseran perubahan trase jalan Tol (Simpang Sekayu) – Tempino – Jambi juga menjadi konsen Pj Bupati Apriyadi Mahmud, oleh sebab itu Pemkab Muba turut meminta kajian pihak terkait dan salah satunya Kejati Sumsel agar pergeseran trase tidak menimbulkan efek negatif.

“Kami hanya ingin menegaskan jangan sampai dari pergeseran trase jalan Tol ini menimbulkan dampak sosial dan hukum di kemudian hari,” tegasnya saat Rapat Pembahasan Percepatan Progress Pembangunan Jalan Tol
Trans Sumatera pada Ruas Jalan Tol Betung – Tempino – Jambi di Provinsi Sumatera di Ruang Rapat Kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Selasa (11/7/2023).

Lanjutnya, Pemkab Muba berharap agar proses perjalanan pembangunan jalan tol Betung – Tempino – Jambi berdampak positif kepada masyarakat secara langsung khususnya di Muba.

“Semoga dalam perjalannya progrress pembangunan jalan Tol ini lancar,” harapnya.

Sementara itu, Kajati Sumsel Sarjono Turin didampingi Asisten Intelijen Kajati Sumsel, M Rahmat K mengatakan dalam rangkaian pergeseran Trase akan dilakukan rapat bersama lagi melibatkan pihak pusat.

Perwakilan Kementerian PUPR dan PT Hutama Karya mengaku, pihaknya saat ini terus bekerja dan menargetkan menyelesaikan pembangunan jalan tol dengan tepat waktu.

“Pergeseran Trase tidak hanya terjadi di Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi, tetapi di beberapa daerah lainnya juga kerap terjadi. Ini juga berkaitan untuk efisiensi biaya,” ulasnya.

Diketahui, Tol Betung – Jambi ini merupakan ruas utama tol trans sumatera yang menghubungkan Provinsi Lampung hingga ke Aceh.

Tol ini sendiri menghubungkan tol Palembang betung atau KapalBetung yang sebentar lagi akan selesai pembangunanya.

Jalan tol Betung – Tempino – Jambi sepanjang 169 KM. Rencananya pembangunanya akan dibagi dalam 4 seksi, Pertama Seksi Betung – Tungkal Jaya sepanjang 61,55 km.

Seksi Kedua Tungkal Jaya – Bayung Lencir sepanjang 55,73 km, Seksi ketiga Bayung Lencir – Tempino sepanjang 33,05 km dan seksi 4 adalah ruas Tempino – Sp Ness (18,97 km).

Untuk proses pembangunan sendiri saat ini sudah dimulai dari seksi 3 yakni Bayung Lencir hingga ke Jambi. Dimana progres land clearing sudah lebih dari 5 KM.

Tol Betung – Jambi ini sendiri sebagian besar melewati wilayah Kabupaten Musi Banyuasin. Dari jumlah 169 KM panjang tol Tempino betung, sepanjang 131 KM berada diwilayah Muba.

Untuk wilayah dilewati pertama Kecamatan Babat Supat, Keluang, Sungai Lilin yang berada di Seksi 1
Selanjutnya Tungkal Jaya dan Bayung Lencir untuk Seksi 2. Sementara di Seksi 3 Kecamatan Bayung Lencir hingga ke Perbatasan dengan Provinsi Jambi.

LAINNYA