Gambar_Langit Gambar_Langit

Resmi Dibangun, PLTU MT Sumbagsel 1 Bisa Tingkatkan Suplai Listrik Sumatera

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Mei 2023 19:03 0 137 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Piling Ceremony pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sumbasel 1 di Desa Keban Agung Kecamatan Sebindang Aji Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) resmi dilakukan, pembangunan ini dilaksanakan setelah Sempat tertunda  akibat covid 19,  Kamis (18/5/2023).

Komisaris Utama PT Sumbagselenergi Sakti Pewali Dewi Kam Direktur Utama PT Sumbagselenergi Sakti Pewali Ir H Hakim Nawawi SE MM menyebutkan dengan acara “Pilling Ceremony” ini, maka pengerjaan Sumbagsel 1 resmi dimulai.

Diungkapkanya, PLTU itu berkapasitas 2×150 MW merupakan bagian dari komitmen pemerintah dan PLN dalam melaksanakan program pembangkit listrik 35.000 MW serta merupakan PLTU generasi terakhir yang sempat tertunda pembangunannya karena Covid 19.

Adapun PLTU Sumbagsel 1 dijadwalkan sudah bisa beroperasi mulai akhir 2024 dan berdiri diatas lahan kurang lebih 100 hektar. Nantinya, jika telah beroprasi listrik tenaga uap ini bisa membantu menyuplai listrik pulau Sumatera.

“PLTU Sumbagsel 1 adalah PLTU yang dibangun oleh PT Sumbagselenergi Sakti Pewali, merupakan konsorsium perusahaan yang dimiliki oleh PT Sumberenergi Sakti Prima, PT Adimas Puspita Serasi, PT D&C Engineering Company, dan PT Pembangkitan Jawa Bali Investasi (PLN Group),”ungkapnya.

Pembangunan PLTU yang digadang gadang terbesar di OKU ini dibangun diatas lahan seluas 100 hektar dengan batubara didalamnya sebagai pembangkit uap. “PLTU ini bisa menyuplai listrik Sumatera, lahan yang akan kita garap mencapai kurang lebih 100 hektar,”katanya.

Pilling ceremony ini dihadiri oleh Bupati OKU yang diwakilkan Sekda OKU Dharmawan Irianto, Kapolres AKBP Arif Harsono, Dandim 0403 OKU Letkol Inf Ferizal R SIP. diresmikan secara bersama sama Komisaris Utama Dewi Kam, dan Direktur Utama PT Sumbagselenergi Sakti Pewali Ir H Hakim Nawawi, SE MM.

Diharapkan, pembangunan ini bisa berjalan dengan baik dan tepat waktu sesuai dengan yang direncanakan. Oleh sebab itu pihak PT Sumbagselenergi Sakti Pewali  berharap pembangunan itu bisa didukung semua pihak. (AND)

LAINNYA