Gambar_Langit Gambar_Langit

Harnojoyo Sambut Baik Program Zakat Mal Baznas Kota Palembang

waktu baca 2 menit
Selasa, 11 Apr 2023 19:41 0 113 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kota Palembang gelar Gerakan Berzakat bersama Wali kota serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), OPD Pemerintah kota Palembang, yang dilaksanakan di Rumah Dinas Wali kota Palembang jalan Tasik Palembang.

Bahkan kegiatan tersebut juga mendapatkan apresiasi besar dari Wali kota Palembang, H. Harnojoyo.

Ketua Baznas kota Palembang, Kgs M Ridwan Nawawi S.Pd.I MM menjelaskan, bahwa silahturahmi yang dilakukan tersebut memiliki tujuan untuk memberikan pemahaman kepada setiap OPD di lingkungan kota Palembang terkait penyaluran Zakat Mal.

“Jadi nantinya mereka tahu berapa yang harus dikeluarkan mereka untuk mengeluarkan zakat,” kata Ridwan, Selasa (11/04/2023).

Ia juga menyampaikan, bahwa pihaknya tidak melakukan keterpaksaan terhadap pegawai di setiap OPD untuk melakukan Zakat Mal.

“Karena dalam agama itu juga kan tentang kesadaran dan dalam Perda juga itu imbauan. Artinya tidak bisa kita paksakan untuk potong sekian dan sekian,” tuturnya.

Disampaikannya, bahwa pihaknya (Baznas) kota Palembang selaku Amil hanya terus berusaha dalam merangkul setiap OPD guna menghadirkan kesadaran dalam Zakat Mal.

“Karena di dalam harta kita itu ada hak orang lain yang wajib kita salurkan. Alangkah baiknya dengan berzakat ini mampu untuk membersihkan harta kita,” tuturnya.

Terkait angka persentase OPD di kota Palembang, Ketua Baznas kota Palembang memaparkan angka terbanyak untuk total jumlah pengawai, yakni di lingkungan Dinas Pendidikan kota Palembang yang hampir mencapai hingga 6000 orang.

“Tetapi yang mengeluarkan Zakal Mal hanya 26 orang artinya Nol Nol sekian persen. Artinya, mereka sudah kita imbau, tetapi tadi sudah sengaja dibacakan bapak Wali kota agar Kepala dinasnya juga tahu,” ucapnya.

Sementara itu, Wali kota Palembang, H. Harnojoyo nampak menyambut baik program yang dicanangkan oleh Baznas kota Palembang terkait Zakat Mal.

Di mana hari ini Harnojoyo menyerahkan 50 juta rupiah ke baznas kota Palembang untuk membayarkan zakat mal dan Infak.

“Potensi zakat di kota Palembang secara internal bisa 20 miliar lebih, yang sampai saat ini baru tergali kurang lebih 6,7 miliar dan eksternal bisa sampai ratusan miliar,’ kata Harnojoyo.

“Artinya dana ini apabila benar-benar dikelola oleh Badan Amil Zakat Nasional kota Palembang akan bermanfaat luar biasa dalam membantu kesejahteraan warga masyarakat kota Palembang,” imbuhnya.

Wali Kota Palembang itu juga mengimbau kepada setiap OPD di lingkungan kota Palembang untuk dapat terus mendukung setiap program-program Baznas kota Palembang.

“Dan berhubung hari ini di bulan puasa, mudah-mudahan apa yang menjadi nawaitu kita akan sukses. Jadi kami sangat mengapresiasi gerakan Basnaz Ini,” ujarnya. (ril)

LAINNYA