Gambar_Langit Gambar_Langit

Gubernur Akui  Restorasi Sungai Sekanak Lambidaro Mampu Atasi Banjir

waktu baca 2 menit
Selasa, 28 Mar 2023 19:46 0 169 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Gubernur Sumsel H. Herman Deru meninjau langsung progres pengerjaan proyek pengendalian banjir Sungai Lambidaro segmen hilir dan Sungai Sekanak segmen Ilir Barat Palembang Selasa (28/3).

Dalam pengecekannya dilapangan kali ini Herman Deru  langsung  turun ke lokasi aliran sungai Sekanak Lambidaro yang berlokasi di samping gedung DPRD Provinsi Sumsel.

Herman Deru mengatakan semenjak rampungnya proyek  normalisasi sungai Lambidaro disekitar kawasan Palembang Indah Mall (PIM) banjir di wilayah itu mulai  berkurang.

“Manfaat dari proyek Lambidaro ini  banjir sudah berkurang ini berkat kerja sama yang baik antara Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota Palembang,” kata Herman Deru.

Tak hanya  itu lanjut dia, selain untuk pencegahan banjir fungsi dari proyek restorasi  sungai Sekanak Lambidaro juga didesain  dengan mengedepankan kearifan lokal khas Sumsel berupa ornamen  songket disepanjang aliran  sungai Sekanak Lambidaro.

Dirinya juga menyebut Pemprov Sumsel dan Pemkot Palembang tidak hanya mengejar keindahan saja, namun juga erupaya untuk mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kebersihan dan  kearifan lokal dalam memperindah  Kota Palembang.

“Pemkot Palembang sudah luar biasa memberikan dukungan untuk memperindah sungai ini bersama beberapa instansi dan lintas sektoral, namun perlu kita ingat sungai di Palembang banyak dan bukan cuma sungai sekanak yang perlu kita jaga kebersihan dan kelestariannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kasatker Pengelolaan Jaringan Sumber Air (PJSA) BBWS Sumatera VIII, Ali Cahyadi Ahmad,ST, MT mengatakan mengatakan penyelesain proyek sungai Sekanak Lambidaro akan terus dikejar.

“Target kita memercepat penyelesaian proyek ini, dan memang kita masih terkendala dengan pembebasan lahan disekitaran sungai kita menunggu pihak Pemkot menyelesaikan itu,” pungkasnya.

LAINNYA