Gambar_Langit Gambar_Langit

Ahli Pers Dewan Pers Apresiasi JMSI Sumsel

waktu baca 3 menit
Rabu, 15 Feb 2023 10:31 0 150 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Ahli Pers Dewan Pers, Drs Jayanto Arus Adi MM yang juga Direktur Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Institute serta Ketua Bidang IT JMSI Pusat, Selasa (13/2/2023) mengungkapkan apresiasi kepada JMSI Sumsel.

Hal itu dikatakannya saat melakukan sharing dan tukar pikiran bersama
JMSI Sumsel di Rumah Makan Pindang Kupik Nur Palembang, yang dihadiri oleh
Ketua Pengurus Daerah (Pengda) JMSI Provinsi, Sumsel Agus Harizal dan para anggota JMSI Sumsel.

“Saya sebagai Ahli Pers Dewan Pers dan juga dari JMSI pusat mengapresiasi JMSI Sumsel. Dimana dari 30 Pengda JMSI di Indonesia, Sumsel ada dalam peringkat lima besar. Dari itu begitu ada kesempatan ke Palembang saya langsung melakukan pertemuan dengan para anggota
Pengda JMSI Sumsel untuk memberikan pesan-pesan, sharing dan bertukar pikiran,” katanya.

Masih dikatakannya, jika hasil dari pertemuan bersama Pengda JMSI Provinsi Sumsel nantinya akan disampaikannya dalam rapat pleno di JMSI pusat.

“Pengda JMSI Provinsi Sumsel ini nilainya baik, dan saya berikan nilai 9. Dari itulah pertemuan ini akan saya sampaikan dalam rapat pleno di JMSI pusat,” ujarnya.

Lebih jauh dikatakan, jika dirinya berpesan agar seluruh anggota Pengda JMSI Provinsi Sumsel agar dapat terus mempertahankan komunikasi yang selama ini telah terjalin.

“Ketua dan para anggota JMSI Sumsel saya berpesan untuk terus pertahankan hal yang baik ini, dan terus lanjutkan saling menjalin komunikasi,” paparnya.

Diungkapkannya, jika pada peringatan Hari Pres kemarin JMSI telah memperingati HUT ke-3 tahun. Diusia tiga tahun tersebut JMSI telah meraih prestasi yang gemilang.

“Prestasi tersebut, yaitu hanya dengan dalam waktu tiga tahun JMSI telah menjadi Konstituen Dewan Pers,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut,
Drs Jayanto Arus Adi MM juga berbagi pengalaman terkait perjalan karirnya di media. Dikatakannya, jika kesuksesan wartawan itu ada pada jaringan yang dibangun.

“Jadi saya berbagi pengalaman, kunci
perjalanan saya di media adalah jaringan, makanya saat ini saya menjadi Ahli Pers Dewan Pers, berada di RMOL dan juga tenaga ahli Anggota DPR RI. Oleh karena
itu, saya mengajak mari dari sekarang kita buat jaringan, tapi tentunya jaringan yang sesuai dengan independent kita sebagai wartawan,” terangnya.

Iapun menjelaskan, tekait hasil Rapimnas JMSI di Medan, diantaranya jika JMSI nantinya akan melakukan pengujian kompetensi wartawan sendiri.

“Dari itu kita minta agar para Ketua Pengda JMSI se-Indonesia dapat mendata para anggota JMSI yang telah melakukan ToT untuk nantinya kita tunjuk sebagai Tim Penguji Kompetensi Wartawan. Sehingga dengan kita melakukan pengujian sendiri maka produk JMSi sendiri, dan itu lebih mantap. Selanjutnya tekait verifikasi media, ada empat kategori tahapannya dan itu akan kami kawal. Selain itu, kedepannya JMSI juga akan mengeluarkan Kartu Anggota JMSI,” tandasnya.

LAINNYA