Home / DAERAH / PALEMBANG / Dr. Rahidin H. Anang: Pemimpin Harus Miliki Karakter yang Mampu Membuat Suatu Terobosan

Dr. Rahidin H. Anang: Pemimpin Harus Miliki Karakter yang Mampu Membuat Suatu Terobosan

Palembang, PelitaSumsel – Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 Pastinya Memerlukan Caleg serta pemimpin baik presiden maupun kepala daerah yang Mempunyai Kualitas Untuk Memenuhi Syarat Sebagai Pemimpin Yang Mampu Membuat Sebuah Perubahan.

Hal ini diungkapkap oleh Dosen Ilmu Komunikasi di berbagai perguruan tingggi baik Negeri maupun Swasta di Sumatera Selatan sekaligus pakar komunikasi politik, Dr. Rahidin H.Anang, MS di ruang kerjanya, Senin (23/01/2023).

Menurut Rahidin Menjelang tahun politik 2024 ini, para calon pileg harus membenahi serta melakukan persiapan diri serta strategi untuk mencapai suatu tujuan.

“Masyarakat saat ini mencari dan membutuhkan figur pemimpin berkualitas yang benar-benar berani memperjuangkan nasib rakyat termasuk berani mempertaruhkan jabatan, pertaruhkan diri pribadi untuk kepentingan rakyat bukan kepentingan kelompok, koncoisme, keluarga dan bahkan tim sukses yang mintak jatah pada hal sangat tidak berkompetensi ” ujarnya.

Lanjut, Rahidin mengatakan, secara fundamental pemimpin yang berkualitas itu harus memiliki karakter, misalnya bagaimana dari aspek moral, kita butuh pemimpin yang beriman, bertaqwa, jujur, beretika, sopan dan santun. Begitu juga kinerjanya bagaimana misalnya kita butuh pemimpin kerja keras dan cerdas, kerja tuntas, tidak mudah menguluh serta pantang menyerah dalam kondisi apa pun.

“Kalau kita bicara pemimpin yang berkualita, ada suatu teori yang memberikan suatu kriteria antara pertama dari aspek Pendidikannya, maksudnya baik berpendidikan formal, informal ataupun non-formal boleh, kedua aspek kemampuan finansial yang sangat mendukung, ketiga dari aspek kesehatan, dengan wilayah Sumatera Selatan begitu luas, maka pemimpin harus sehat jasmani dan rohani nya, jika kepala daerah itu sehat, maka berpikir pun sehat, memiliki konsep, ide atau gagasan yang brilyan demi mengelola dan membangun wilayahnya yang begitu kaya potensi sumber daya alam untuk mengemban amanat rakyat, maka kita butuh pemimpin atau kepala daerah yang Sehat, serta terakhir dari aspek keamanan, kita butuh suasana yang aman, damai, tenteram agar bekerjapun enjoy jika kondisi aman, apalagi seorang kepala daerah wajib bebas dari semua aspek terutama aspek hukum, serta harus mengayomi masyarakat, jangan membuat gab atau musuh dengan rakyat.

Rahidin mengungkapkan seorang dengan pendidikan tinggi pastinya memiliki wawasan yang luar biasa, semakin tinggi pendidikan seseorang, maka semakin tinggi pengetahuan yang dimiliki sehingga mendorong attitude yang baik untuk melakukan sebuah perubahan” jelas rahidin.

Selain itu Rahidin Mengatakan, Saya kira masyarakat sekarang membutuhkan pemimpin yang berkualitas yang punya kemampuan dan kemauan untuk membela rakyat dan mengabdikan diri kepada negara.

“Saya harap pemimpin di wilayah sumsel, baik gubernur, bupati maupun walikota kedepannya adalah seorang yang punya kompetensi, berkualitas, professional dalam bidangnya,”harapnya.

Bagikan Ini Di :