Gambar_Langit Gambar_Langit

OKU Timur Masuk Target Pembangunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

waktu baca 2 menit
Rabu, 16 Nov 2022 10:49 0 213 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemkab OKU Timur melalui Bappeda Litbang bersama stakeholder terkait, membahas rencana Pembangunan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan atau sustainable palm oil, yang rencananya akan diterapkan di perkebunan kelapa sawit yang ada di bumi Sebiduk Sehaluan. Selasa (15/11) di Kantor Bappeda Litbang OKUT.

Kebijakan ini merupakan kewajiban yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia dalam upaya memelihara lingkungan, meningkatkan kegiatan ekonomi, dan penegakan peraturan perundangan Indonesia di bidang perkelapasawitan.

Kepala Bappeda Litbang OKU Timur Maryus Markus F, S.STP saat dikonfirmasi menerangkan, perlu tahapan agar OKU Timur bisa melaksanakan Rencana Aksi Daerah Kelapa Sawit Berkelanjutan ini, pertama dalam tahap penyusunan dokumen.

Sedangkan tantangan dalam pembuatan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan Daerah ini pertama, kurangnya anggaran, tidak ada penugasan yang tegas terhadap kegiatan rencana aksi, tidak ada kebijakan khusus untuk mengakomodir dalam pembuatan Rencana Aksi Kelapa Sawit Berkelanjutan di daerah (Kabupaten).

“OKU Timur merupakan salah satu Daerah yang memiliki lahan perkebunan kelapa sawit. Maka sudah pasti kita ikut Program RAD KSB ini,” ujarnya.

Saat ini lanjut Maryus, pihaknya sedang menyiapkan SK Tim penyusunan yang akan diketuai Kepala OPD pelaksana sektor perkebunan dan melibatkan sektor terkait dan nantinya menetapkan tim penyusun dengan SK Kepala Daerah. Selanjutnya melakukan pertemuan dengan daerah-daerah yang prioritas.

“Seperti apa rumusannya, akan kita bahas dan minta arahan lebih lanjut dari pimpinan kita Pak Bupati,” tambahnya. (fah)

LAINNYA