Gambar_Langit

Raih Kompetensi Diluar Akademik, SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Gelar Pelatihan Jurnalistik Dasar

waktu baca 2 menit
Rabu, 19 Okt 2022 14:35 0 257 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Buay Madang Timur menggelar pelatihan Jurnalistik tingkat dasar bagi pelajarnya, tak kurang 40 siswa-siswi SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah mengikuti pelatihan ini.

Kegiatan yang berlangsung di Gedung pelatihan SMA Muhammadiyah 2 ini digelar gelar selama dua hari, Selasa – Rabu (18-19 Oktober 2022). Mengundang pemateri dari GM Koran Harian Cetak OKU Timur Pos Purwadi Rozali, Wartawan harian Media Online Pelitasumsel.com Fahmi dan wartawan Online Modernis.co Prelly.

Kepala SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Saliah, S.Pd melalui Pembina Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Muhsin, S.Sos mengatakan, dalam mutu lulusan Sub komponen kompetensi siswa ada beberapa isi poin penting diantaranya siswa mampu memiliki kreativitas dan inovasi, mampu berekspresi, berekreasi dalam kegiatan pengembangan minat bakat.

“Melalui pembelajaran dasar-dasar jurnalistik, para murid akan mengetahui dan memahami apa itu jurnalistik, sejarahnya, mulai dari media cetak, media elektronika hingga media internet yang semua produknya diproses melalui kegiatan jurnalistik. Artinya pelajar kita secara tidak langsung mendapatkan kompetensi atau ilmu baru di luar akademik,” ujarnya. Rabu (19/10).

Dia berharap kesadaran bermedia dengan memahami karakteristik masing-masing media, paham proses komunikasi akan mampu dipahami oleh siswa, sehingga dampak media -akan menjadikan generasi mendatang lebih cerdas dan kritis dalam menyerap isi media.

Dalam pelatihan ini ada 8 poin penting yang dibahas oleh pemateri, mulai dari penggunaan Bahasa Jurnalistik, cara menggali ide dan teknik wawancara, mengenal Jenis-jenis media online dan sosial saat ini, teknik menulis berita dan penggunaan foto dalam unsur berita.

“melalui pelatihan jurnalistik itu sendiri diharapkan mampu menuntun para murid untuk memahami fungsi dan peran jurnalistik atau pers dalam artian secara luas, hingga cara menulis sebuah informasi atau berita meski hanya dalam lingkup sekolah,” imbuhnya. (fah)

LAINNYA