Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU TIMUR / Belajar Demokrasi Sejak Dini, IPM SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Gelar Musyran Seperti Pemilu
Tahapan Musyran PT IPM SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah

Belajar Demokrasi Sejak Dini, IPM SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Gelar Musyran Seperti Pemilu

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Kecamatan Buay Madang Timur, menggelar Musyawarah Ranting (Musyran).

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Saliah, S.Pd membuka langsung Musyran ini, dihadiri para Guru, Staf dan Karyawan. Peserta Musyran diikuti seluruh Peserta Didik mulai kelas X s.d kelas XII yang berjumlah 390 Peserta Didik. Sabtu (24/09).

Dalam Musyran ini ada serangkaian tahapan-tahapan sampai dengan pencoblosan. Dimulai dari penjaringan calon Ketua dan Formatur, Debat Kandidat serta tempat Pemungutan Suara. Musyran ini digelar layaknya pemilu dalam demokrasi di Indonesia.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah Saliah, S.Pd didampingi Wk Kurikulum Sariman, S.Pd mengatakan, Musyran ini dilakukan selain dalam rangka regenerasi kader, juga bertujuan memberikan pengalaman dan pembelajaran langsung sejak dini kepada Peserta Didik khususnya kelas X fase E bahwa proses demokrasi memiliki tahapan-tahapan yang perlu dilalui,

“Regenerasi diharapkan mampu menjadi wadah kaderisasi di luar kaderisasi formal, seperti Taruna Melati (TM) dan Pelatihan Fasilitator dan Pendamping (PFP). Selain itu juga agar Pengkaderan di IPM terus berjalan,” katanya.

Kegiatan ini lanjutnya, aksi nyata dari gabungan P5 (Penguatan Profil Pelajar Pancasila) dan IPM memberikan pengalaman yang sangat bermanfaat bagi Peserta Didik khususnya ketika nanti terjun dalam kehidupan masyarakat sudah memiliki bekal yang cukup tentang pemilihan umum. “Sehingga hal semacam ini sudah tidak asing lagi bagi Peserta Didik SMA Muhammadiyah 2 Karang Tengah,” ujarnya.

Musyran ini didikuti 3 kandidasi calon Ketua Umum dan 15 calon Formatur serta menghasilkan sebuah keputusan yang demokratis, yaitu terpilih sebagai Ketua Umum IPM, Rani Anggraini menggantikan Ketua Umum Sebelumnya, Tria Agustin, dengan perolehan suara 150 mengungguli calon yang lain. Sementara untuk calon Formatur terpilih sebanyak 7 orang yaitu Azzi Wira (224) suara, M. Hengki Kurniawan (200) Suara, Santi febriani (173) suara, Reka Adelia (167) suara, Arya Ardiansyah (166) suara, Khoirunnisa (163) suara dan Arinta Primadini (160) suara.

Sementara Pembina IPM Kabupaten OKU Timur, Muhsin, S.Sos menyampaiakan ucapan selamat kepada Ketua Umum dan Formatur terpilih, semoga segera terbentuk kepengurusan IPM periode 2022-2023 agar dapat segera dilantik dan bisa merealisasikan program-program kerja yang terbaik.

“Visi dan misi yang digali pada saat debat kandidat semoga bisa diwujudkan dengan program kerja yang solutif untuk IPM SMAMDA terdepan,” ungkapnya. (ril/fah)

Bagikan Ini Di :