Gambar_Langit

Pertumbuhan Ekonomi Meningkat Pesat, Bupati OKU Timur Diganjar Penghargaan IVL 2022

waktu baca 4 menit
Selasa, 6 Sep 2022 06:57 0 155 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Bupati OKU Timur H. Lanosin, ST sukses meraih penghargaan Indonesia Visionary Leader 2022. Apresiasi indonesia Visionary Leader’s Certificate of Presentation tersebut diterima secara langsung oleh Lanosin di iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada Senin (5/9/2022).

Malam penghargaan Indonesia Visionary Leader (IVL) 2022 ini dibuka langsung oleh Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna. Turut hadir pada kesempatan tersebut, Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah, serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Dikutip dari media Online SINDONEWS.com, Agung Firman Sampurna menyampaikan apresiasinya kepada segenap kepala daerah yang telah memberikan inspirasi melalui beragam program terbaik untuk daerah yang dipimpinnya.

Selain itu, dia juga mengatakan jika Indonesia Visionary Leader adalah signature program yang telah menjadi komitmen dari MNC Portal Indonesia untuk turut andil dalam menghasilkan pemimpin-pemimpin bangsa yang tangguh, memiliki visi, dan kemampuan beradaptasi dalam situasi yang luar biasa.

“Indonesia Visionary Leader program strategis yang diselenggarakan berkala, oleh MNC Portal Indonesia dalam upaya untuk mengetahui upaya yang dilakukan kepala daerah dalam merumuskan, mengomunikasikan dan, serta membudayakan visi hebat mereka pada wilayahnya masing-masing,” ujarnya.

Terkait hal ini, Bupati OKU Timur H. Lanosin sempat membeberkan capaian pertumbuhan ekonomi di daerahnya yang meningkat pesat. Seperti diketahui, pertumbuhan ekonomi OKU Timur pada 2019 berada di angka 0,37 persen. Jumlah ini meningkat tajam pada 2022 yang menyentuh 4,66 persen.

Tak tanggung-tanggung, OKU Timur menjadi daerah dengan angka pertumbuhan ekonomi terbesar dan tertinggi kedua di Sumatera Selatan. Bukan tanpa sebab, Bupati Lanosin menegaskan, hal ini dipicu oleh dominasi sektor pertanian yang memberikan sumbangsih terbesar dalam perolehan persentase tersebut.

Pada 2021, OKU Timur turut menduduki peringkat empat kabupaten dengan peningkat produksi padi tertinggi dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI). Daerah ini berhasil mencatatkan produksi padi sebesar 558.995 ton gabah kering giling (GKG).

Potensi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Lanosin dengan menciptakan berbagai inovasi pamungkas untuk mengembangkan ekonomi. Salah satunya, yaitu dengan memberikan kredit untuk UMKM dan para petani. Penyaluran kredit dilakukan melalui penguatan kelembagaan, sosialisasi, kemitraan UMKM dan koordinasi kelompok tani bersama seluruh OPD, Forkopimda, media massa, serta kelompok masyarakat.

Pihaknya menyediakan pinjaman dengan bunga ringan demi membantu petani dan UMKM untuk mengembangkan sektor pertanian. Tak lupa, Lanosin juga turut mendorong daya saing investasi dan optimalisasi peran dunia usaha melalui penguatan local value chain.

Bersama jajaran Pemerintah Daerah OKU Timur, Bupati Lanosin menjalankan misinya untuk meningkatkan perekonomian daerah yang berbasis pada pendirian Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang pangan. Hal ini agar dapat terjadi penyerapan produksi sektor pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan.

Pertumbuhan ekonomi OKU Timur makin cemerlang usai Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menetapkan kabupaten ini menjadi salah satu lokasi food estate dengan luasan 15.000 hektar. Sederet pencapaian tersebut berhasil mengantarkan Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah berhasil membawa pulang trofi penghargaan kategori Certificate of Presentation dalam ajang IVL 2022.

Dirinya pun menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung dan turut bahu-membahu dalam mendorong Kabupaten OKU Timur untuk terus tumbuh dan pulih dari pandemi Covid-19. Melalui raihan penghargaan ini, Lanosin juga berharap jika hubungan dengan pemerintah pusat dapat terjalin lebih baik lagi.

“Harapan besar dari penghargaan yang saya dapat ini yang jelas hubungan antara kita dan pemerintah pusat lebih terjalin lebih baik lagi yang mana tadi langsung didatangi oleh para menterinya,” kata Lanosin.

Seperti diketahui, pemberian penghargan IVL 2022 telah melalui proses penjurian yang dilakukan oleh Ketua Pembina Indonesian Institute for Corporate Directorship Andi Ilham Said, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy, Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia Prof Robert A. Simanjuntak.

Kemudian, Kasubdit Fasilitasi KDH dan DPRD Wilayah IV, Dit Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD, Ditjen OTDA Kemendagri L. Saydiman Marto, Direktur Fasilitasi Kelembagaan Kepegawaian dan Perangkat Daerah Ditjen Otonomi Daerah Kemendagri Cheka Virgowansyah, serta Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute dan Pakar Komunikasi Politik UIN Jakarta Gun Gun Hermanto. (*)

LAINNYA