Gambar_Langit

Sempat Terhenti Akibat Covid, Pemprov Sumsel Gelar Lomba Bidar dan Parade Kapal Hias di Sungai Musi

waktu baca 2 menit
Minggu, 21 Agu 2022 19:06 0 303 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Sempat terhenti akibat Pandemi Covid-19,  lomba Parade Perahu Hias dan lomba bidar yang menonjolkan ciri khas Kota Palembang kembali digelar  di sungai musi tepatnya di pelabuhan Benteng Kuto Besak(BKB) Palembang, dibuka langsung oleh Sekda Sumsel, Ir SA Supriono Sabtu (20/8).

 

Antusias masyarakat untuk menyaksikan 36  parade perahu hias ini begitu terasa di tengah kegembiraan warga dalam memeriahkan HUT RI ke 77. Apalagi perahu yang ditampilkan lengkap dengan corak atribut nuansa merah putih yang  disponsori Pemprov Sumsel, Pemkot Palembang serta BUMD/BUMN di Sumsel tersrbut.

 

Gubernur H Herman Deru melalui Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Kadisbudpar) Sumsel Aufa Syahrizal mengatakan,  digelarnya  parade kapala hias bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan kepada adat dan budaya serta melestarikan kearifan lokal.

“Parade kapal hias juga upaya kita untuk numbuhkan kembali ekonomi akibat pandemi covid-19 dan meningaktkan tujuan wisatawan di Sumsel khususnya Kota Palembang,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, parade kapal hias ini bisa terlaksana tidak lepas dari dukungan dari Gubernur Sumsel Herman Deru dan atas dukungan serta   antusias masyarakat yang begitu tinggi berharap  agar  event ini digelar dalam setiap tahunnya.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dan keinginan masyarakat serta intruksi Pak Gubernur Sumsel acara ini dapat diselenggarakan,” terangnya.

Dia menyebut parade perahu hias kali  ini melibatkan kalangan peserta dari OPD Sumsel dan Kabupaten /Kota, utusan  BUMN/BUMD serta beberapa komunitas lainnya.

“Para pemenang nantinya akan mendapatkan sertifikat, trofi dan uang tunai,”  tambahnya.

LAINNYA