Gambar_Langit

Ratusan Pohon Bonsai Dari Berbagai Daerah Dipamerkan di Lapangan Kantor Camat BMT

waktu baca 3 menit
Minggu, 31 Jul 2022 14:23 0 198 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sebanyak 250 pohon bonsai dari berbagai daerah dan Komunitas dijemur atau dipamerkan secara bersamaan di Lapangan Kantor Camat Buay Madang Timur (BMT), Minggu (31/07).

Pameran bonsai ini sebagai wadah menjalin kebersamaan dan mempererat silaturahmi sesama pecinta seni bonsai. Tercatat pameran Bonsai ini diikuti mulai dari Peserta Kabupaten OKI, OKU, Way Kanan Provinsi Lampung serta Kabupaten OKU Timur sendiri sebagai tuan rumah.

Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang OKU Timur Ridho didampingi Nurhadi selaku Ketua Panitia Pelaksana mengatakan, dengan jumlah 250 lebih bonsai yang dipamerkan ini menunjukkannya tingginya antusias masyarakat diberbagai daerah sebagai pelaku seni atau pecinta Bonsai. Kedepan dirinya terus mengkampanyekan dan mengajak masyarakat agar ikut menjadi pecinta bonsai ini, sebab dengan banyak hadirnya Pecinta bonsai diharapkan pula dapat mendorong membangkitkan ekonomi masyarakat, melalui banyak pembelian peralatan seperti Pot, bibit dari hasil karya UMKM Masyarakat serta peralatan lainnya.

“Hari ini juga dilakukan Launcing PPBI Ranting Buay Madang Timur. Kedepan kita akan koordinasi dengan Dinas terkait di Pemkab OKU Timur dan menyampaikan bahwa PPBI Cabang OKUT siap menjadi tuan rumah pameran Bonsai skala Nasional jika pihak Pemkab setuju. Jika ini terwujud maka secara tidak langsung dapat mendukung peningkatan ekonomi masyarakat,” ujar Nurhadi.

Adapun jenis-jenis bonsai yang di pamerkan jenis Asoka, Timeng, loa, Lohansung dan Kawista. Untuk nilai jualpun beragam mulai dari 200 ribu hingga puluhan juta rupiah. Pada pameran ini panitia juga telah menyiapkan berbagai Doorprize berupa Perlengkapan dan bahan bonsai. Dengan sering dilakukannya kegiatan pameran seperti ini diharapkan kedepan semakin banyak tumbuh Pecinta Bonsai.

“Di OKU Timur sendiri baru ada 6 Ranting PPBI dan 3 Komunitas. Jemur bareng yang diikuti ratusan peserta ini merupakan Perdana di OKU Timur khususnya di Kecamatan BMT. Selain untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat kita juga mengkampanyekan ke generasi muda paling tidak pemuda juga memiliki kegiatan positif dan terhindar dari kegiatan yang tidak terarah,” ujarnya.

Ditempat yang sama Camat BMT Muhammad Andrie, S.IP usai melakukan pengguntingan pita tanda resmi dimulai pameran Bonsai ini, dirinya mengaku sangat mensuport sekaligus mengapresiasi karena telah memilih Kecamatan Buay Madang Timur sebagai lokasi kegiatan yang positif seperti ajang silaturahmi sesama pecinta bonsai ini. Andrie pun mempersilahkan kepada peserta yang dari luar daerah memanfaatkan fasilitas kantor Kecamatan tempat beristirahat dan lainnya.

“Pada dasarnya kami Pemerintah Kecamatan dan Unsur lainnya seperti kepolisian tentu mendukung kegiatan-kegiatan positif seperti ini. Apa lagi bonsai ini memiliki jiwa seni yang tinggi, saya harapkan ini menjadi pemicu dan motivasi bagi generasi muda khususnya di Kecamatan BMT agar aktif dalam kegiatan yang positif seperti ini sehingga dapat menghasilkan karya yang bisa menghasilkan nilai ekonomi,”ujarnya.

Hadir dalam pameran ini Kapolsek BMT IPTU Alimin, jajarannya Pemerintah Kecamatan BMT serta para Komunitas Bonsai di OKU Timur. (fah)

LAINNYA