Gambar_Langit Gambar_Langit

Dukung Penuh Merdeka Belajar, Enos Ingatkan Pentingnya Digitalisasi Dunia Pendidikan

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Jun 2022 20:44 0 127 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemerintah Provinsi Sumatra Selatan melalui Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) menggelar kegiatan Forum Pemangku Kepentingan Daerah Ke-2 Program Sekolah Penggerak Angkatan Ke-1. Kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Belitang III Desa Nusa Bakti, Kamis (09/06/2022).

Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T membuka langsung kegiatan ini. Hadir langsung Kepala BPMP Provinsi Sumatra Selatan H. Suyato, M.AP. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin serta para Kepala OPD lainnya, Camat dan tamu undangan lainnya.

Kepala BPMP Provinsi Sumatra Selatan menyampaikan, Kegiatan hari ini merupakan kebijakan merdeka belajar yang ke 7 yaitu terkait sekolah penggerak yang berorientasi kepada murid. Diawali dengan komitmen pemerintah daerah dengan pusat yaitu terjalinnya kerjasama antara pemerintah daerah dan pemerintah pusat ditandai dengan nota kesepakatan antara Kepala Daerah dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi.

“Pemerintah dalam upaya untuk mencapai misi pendidikan dan mencanangkan program merdeka belajar. Komitmennya ada jalinan kerja sama antar pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat melalui nota kesepakatan anta Kepala Daerah dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi,” ujarnya.

Sementara itu Bupati OKU Timur H. Lanosin, S.T. dalam sambutannya menyatakan, kehadirannya merupakan salah satu bentuk komitmen yang pernah dicanangkan sewaktu mendampingi program merdeka belajar.

Bupati Enos juga menyampaikan bahwa Kabupaten OKU Timur mendapatkan kuota pembiayaan belajar ke Republik Rakyat Tiongkok. Bupati Enos meminta kepada Kepala Dinas dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur agar tidak mengganti Kepala Sekolah yang mendapatkan program merdeka belajar.

“Salah satu komitmen yang harus saya pegang teguh tidak boleh mengganti Kepala Sekolah yang mendapatkan program merdeka belajar, komitmen ini dari lubuk hati sanubari saya untuk menjaga komitmen ini.” Ujar Bupati Enos.

Bupati Enos menyampaikan bahwa digitalisasi merupakan aspek yang sangat penting dalam dunia pendidikan, oleh karena itu Bupati Enos menginginkan pada tahun ajaran baru ini sudah tersedia sekolah yang ada digitalnya paling tidak agar setiap sekolah kecepatan internetnya ditingkatkan.

Diakhir sambutannya, Bupati Enos menyatakan mendukung penuh untuk kegiatan ini. “Saya sangat mendukung merdeka belajar dan sekolah penggerak ini, bila perlu yang ditandatangani sebelumnya diganti tanda tangan saya, agar tidak ada dusta diantara kita,” Jelas Enos disambut tepuk tangan tamu undangan.

Diakhir kegiatan Bupati Enos menyempatkan diri berkeliling mengunjungi pameran/bazzar dari setiap sekolah. (ril)

LAINNYA