Gambar_Langit Gambar_Langit

690 RTLH di OKU Timur Dapat Bantuan Bedah Rumah, Warga: Alhamdulillah Bisa Tidur Nyenyak

waktu baca 3 menit
Senin, 6 Jun 2022 17:38 0 131 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sebanyak 690 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten OKU Timur mendapat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau Bedah Rumah dari Kementerian Perumahan Rakyat.

Bantuan tersebut tersebar di 12 Kecamatan, Kecamatan Belitang Madang Raya, Buay Madang Timur, Madang Suku I, Semendawai Timur dan beberapa Kecamatan lainnya.

Sebagai tanda bahwa BSPS ini telah mulai berjalan, Bupati OKU Timur H. Lanosin, pada Senin (07/06) melauncing peletakan batu pertama pembangunan BSPS. Hadir langsung Kapolres OKU Timur AKBP Nuryono, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Danan Rachamat serta para Kepala OPD dan Kades.

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKU Timur, Danan Rachamat menyebut, program BSPS dari Kementerian Perumahan Rakyat ini merupakan untuk mempercepat terwujudnya rumah layak huni diantaranya yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Disamping itu lanjutnya, kita juga bekerjasama dengan Baznas OKU Timur melakukan kegiatan Gerakan Bedah Rumah (GERABAH) yang dilaksanakan pada setiap Kecamatan.

“Untuk Gerabah salah satu program inovasi pak Bupati kita, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman OKU Timur dalam hal ini berupaya terus merealisasikan program Gerabah. Semoga dapat meningkatkan sarana dan prasarana infrastruktur daerah yang berkualitas, adil dan merata,” ucapnya.

Tercatat dari tahun 2020 rumah tidak layak huni di Kabupaten OKU Timur terdapat 9.564 unit. Tahun 2021 sebanyak 708 unit rumah mendapat BSPS. Sedangkan melalui pemerintah daerah sebanyak 6 unit rumah. Sehingga yang belum terealisasi sebanyak 8.850 unit.

“Tahun 2022 sebanyak 690 unit rumah mendapat BSPS, untuk itu kita ucapkan terima kasih kepada balai pelaksana penyedia perumahan Sumatera V dan tak lupa kepada anggota komisi V DPR RI Ibu Hana Gayatri,” tambahnya.

Ditempat yang sama Bupati OKU Timur H Lanosin Hamzah ST mengungkapkan, program BSPS dan Gerabah ini sangat dibutuhkan. Dengan melakukan infaq bersama kita dapat ikut mendukung terealisasinya program Gerabah. Kita tahu TP PKK OKU Timur sudah turut serta dalam bedah rumah ini, dan masih banyak pula rumah tidak layak huni yang belum mendapat bantuan. Kedepan terus kita upayakan agar semua RTLH ini mendapatkan bantuan baik itu melalui BSPS maupun Gerabah.

“Selamat kepada warga yang telah menerima BSPS ini. Kepada Camat dan Kades yang belum mendapatkan program tersebut untuk segera berkoordinasi. Semua Harus gotong royong dalam menyelesaikan RTLH ini,” imbuhnya.

Salah satu penerima BSPS warga Kecamatan Buay Madang Timur, mengucapakan terimakasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur dan Pemerintah Pusat yang telah menyalurkan program BSPS ini, berkat bantuan ini sejumlah kerusakan rumah yang dihuninya dapat diperbaiki.

“Allhamdulillah, kami sangat senang dan bangga sekali. Terimakasih berkat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten OKU Timur dan Pemerintah Pusat. Khususnya pak Bupati OKU Timur, kami bisa tidur nyenyak karena rumah kami tidak kebocoran lagi saat hujan,” ujarnya.

LAINNYA