Gambar_Langit

Musrenbang RKPD OKU Timur Tahun 2023, Bupati Minta Fokuskan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

waktu baca 2 menit
Selasa, 29 Mar 2022 16:50 0 152 Admin Pelita

[dropcap][/dropcap]

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten OKU Timur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten, Selasa (29/03) di Bina Praja 1 Kantor Bupati OKUT.

Hadir langsung pada Musrenbang ini, Bupati OKU Timur H Lanosin, ST didampingi Ketua TP PKK Kabupaten, dr Sheila Noberta. Ketua DPRD OKU Timur H Beni Defitson serta Forkompida.

Musrenbang ini mengusung tema, Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) OKU Timur tahun 2023, Pemantapan kontribusi sektor unggulan daerah yang ditopang oleh Infrastruktur ekonomi dan sumber daya manusia yang berkualitas menuju OKU Timur maju lebih Mulia.

Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Marius Markus Firdaus dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang ini untuk menyerap usulan program pembangunan dari tingkat desa hingga Kabupaten yang akan diakomodir dalam perencanaan pembangunan tahun 2023.

”Total keseluruhan usulan masyarakat desa, kelurahan, ditambah usulan pokok-pokok pikiran DPRD terverifikasi keseluruhan sebanyak 371 usulan dengan total kebutuhan anggaran sebesar Rp. 92. 368.222.800 miliar,” terang Marius.

Melalui proses pembangunan ini lanjutnya, diharapkan ada pertumbuhan ekonomi berbasis sektor unggulan daerah dengan peningkatan infrastruktur berkelanjutan. Dan percepatan penurunan kemiskinan serta peningkatan kualitas SDM reformasi birokrasi stabilitas politik keamanan dan penanganan pandemi covid 19.

Dalam Musrenbang ini Pemerintah Kabupaten OKU Timur menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun 2023 sebesar 5,6 persen, target penurunan kemiskinan sebesar 10.27 persen, tingkat peluang terbuka 30.8, IPM 74.31, PDRB 0.26 Persen.

”OKU Timur tingkat pertumbuhan ekonomi tertinggi kedua dari 17 Kabupaten/Kota tingkat Provinsi Sumatera Selatan sebesar 4.66 persen. Dan inflasi OKU Timur di Sumsel mencapai 1.82 persen,” tambahnya.

Sementara Bupati OKU Timur H. Lanosin dalam mengatakan, Musrenbang menjadi instrumen evaluasi capaian kinerja Pemerintah Kabupaten, untuk meningkatkan rantai ekonomi, SDM, industri, Pertanian, Pendidikan, dan pendukung kemajuan pembangunan daerah lainya.

“Semoga dengan musrenbang kali ini seluruh program dan kegiatan yang kita rumuskan dapat lebih konstruktif dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan yang sedang kita hadapi saat ini. Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Oku timur maju lebih mulia” ujarnya.

Bupati menambahkan, dirinya ingin ada konsep mengikuti aliran arus sungai yang tidak keluar dari jalurnya. Disisi lain kemajuan tanpa adanya sinkronisasi seluruh Forkompida tidak akan ada artinya. Setelah ekonomi naik pasti akan berefek dengan tingkat kriminalitas.

“Kita ini ada dipercaya oleh masyarakat, kita ini ada karena untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat. Saya ucapkan terimakasih atas capaian yang telah di capai termasuk pelayanan publik kita bagus dan banyak penghargaan yang telah kita dapat. Maju dalam kemuliaan dan mulia dalam kemajuan,” imbuhnya. (ril Forwako)

LAINNYA