Gambar_Langit Gambar_Langit

Malam Ini Jembatan Ampera Bakal Buka Tutup

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Mar 2022 13:50 0 109 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Ada pengujian hanger dan elastomeric bearing jembatan bentang tengah, Jembatan Ampera mulai malam ini pukul 23.00 hingga minggu (13/3/2022)

Dikonfirmasi Kasatker Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional BBPJN Sumsel, Julia Augustine mengatakan, pengujian ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yakni dynamic loading test pada akhir tahun lalu.

Pada pengujian kali ini, pihaknya ingin mengetahui apakah hanger jembatan masih memikul beban. Untuk pengerjaan tersebut, maka Jembatan Ampera akan dikakukan buka tutup lalu lintas pada pukul 23.00 WIB-03.00 WIB.

“Pengujian ini merupakan tindaklanjut hasil evaluasi struktur jembatan sehingga diperlukan pemeriksaan lebih detail terhadap lokasi bearing pad dan kabel atau hanger eksisting. Salah satu yang diteliti lebih lanjut adalah kondisi hanger dan peletakan dudukan jembatan bentang tengah di bawah menara. Pengujian pada kabel jembatan di bentang utama sepanjang 75 meter, menara kiri dan kanan,” katanya, kamis (10/3/2022).

Saat pengujian nanti, lanjut Julia, lalu lintas tidak sepenuhnya ditutup. Satu atau dua lajur akan tetap dibuka.

“Tapi, pada saat pengujian lalin akan dihentikan sekitar 2-3 menit. Karena kabelnya ada 10, kemungkinan akan buka tutup 10 kali,” bebernya.

Dengan kegiatan yang dilakukan malam hari, menurutnya kondisi lalin tidak tinggi.

“Kemungkinan tak akan membuat kemacetan. Jika pun ada, kita sudah siapkan peta alternatif rute terhadap akses Jembatan Ampera. Bisa lewat Musi 4 atau Musi 6,” tutupnya (Ron)

LAINNYA