Gambar_Langit Gambar_Langit

UNH Jadi Universitas Pertama di OKU Timur

waktu baca 3 menit
Rabu, 15 Des 2021 13:42 0 174 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sejak 30 tahun berdiri, kampus yang dulunya bernama Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT), berubah menjadi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Nurul Huda, di tahun 2021 berhasil meningkat menjadi Universitas Nurul Huda (UNH) Sukaraja.

Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, S.H MM secara Video Conference resmi melaunching perubahan status dari Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Nurul Huda menjadi Universitas Nurul Huda (UNH). Rabu (15/12) di Kampus B Sukaraja.

Peresmian UNH Sukaraja ini dihadiri Ketua Dewan Pembina Yayasan Pondok Pesantren Nurul Huda Sukaraja Kh Affandi BA, Rektor UNH H Imam Rodin, M.Pd, Mantan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, S.H. Perwakilan LL Dikti Wilayah II, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, S,Pd MN, Kakankemenag OKU Timur. Guru Besar Universitas Islam Malang. Ketua Lembaga Pembina Adat Kabupaten OKU Timur H. Leo Budi Rachmadi, SE.

Dalam sambutannya Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru mengatakan, hari ini menjadi sejarah bagi OKU Timur, karena daerah yang baru namun sudah memiliki Universitas pertama. Peningkatan status ini kata Deru harus dipelihara melalui menjaga kepercayaan dan jaga mutu. Nurul Huda ini bukan lahir begitu saja, melalui proses panjang. Jangan sampai almater ini oleh segelintir oknum.

“Saya berharap UNH Update mengikuti perkembangan jaman. Saya mengingatkan kehormatan ini tidak hanya terletak kepada gedung yang mewah, namun proses belajar disiplin dan mutu yang baik,” katanya.

Rektor Universitas Nurul Huda Sukaraja H. Imam Rodin, M.Pd menambahkan, saat ini UNH Sukaraja sudah memiliki 5 Fakultas, Fakultas Pendidikan Agama Islam, Fakultas Bahasa dan Sastra, Fakultas Pertanian, Sains dan Teknologi dan Ekonomi Bisnis. Dalam waktu dekat pula pihaknya akan melobi untuk membuka program Pascasarjana.

“Saya sebagai pemegang mandat Rektor UNH, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten atas kepercayaan ini. Launching ini sebagai langkah awal untuk mengembangkan dan memajukan UNH Sukaraja,” ujarnya.

Sementara Pembina Pondok Pesantren Nurul Huda diwakili HM Kholid Mawardi mengatakan, setelah naik tingkat ini semoga kedepan mampu memberikan bimbingan pendidikan kepada putra putri bangsa. Kholid memaparkan, tahun 1996 awal berdirinya bernama STIT, 10 Tahun kemudian menjadi STKIP. Sampai 2021 menjadi UNH.

“Ini perjalanan panjang dengan segala romantikanya. Kami ucapkan Terima kasih kepada Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten, yang telah turut membantu menjadi UNH,”ujarnya.

“UNH akan membuka jurusan sesuai dengan perkembangan teknologi. Dan segera akan membuka pasca sarjana. Maka kepada para dosen agar terus memacu ilmu dan kompetensinya,” tambahnya

Sementara itu Perwakilan LL Dikti wilayah Sumsel Win Honaini, SE, M,Si mengucapkan selamat kepada yayasan pondok pesantren Nurul Huda sebagai penyelenggara UNH. Pihaknya ikut berbangga telah lahirnya UNH di OKU Timur.

“Pesan kami mari kita tingkatkan sumber daya manusia, khususnya kepada dosen agar kualitas pendidikan di UNH semakin meningkat sehingga mengeluarkan alumni yang diperhitungkan dan berkontribusi di Sumsel,” ujarnya. (fah)

LAINNYA