Gambar_Langit

Pemkab Asahan Laksanakan Pungukuran dan Publikasi Stunting

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Des 2021 11:45 0 135 Redaktur Romadon

Asahan, Pelita Sumsel – Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan melaksanakan kegiatan pengukuran dan publikasi stunting di Aula Hotel Sabty Garden Kisaran, Kamis (09/12/2021).

Pada kegiatan ini Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna melaporkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui status gizi anak sesuai umur, mengukur prevalensi stunting di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten secara berkala.

Hari Sapna juga melaporkan peserta dari kegiatan ini terdiri dari Kepala Bappeda Kabupaten Asahan (Ketua Tim Stunting Kabupaten Asahan), OPD terkait, TP. PKK Kabupaten Asahan, Dharma Wanita Kabupaten Asahan, Camat, Kepala Puskesmas dan Kepala Desa (Lokus Stunting)

Dikesempatan ini Bupati Asahan yang diwakili oleh Kepala Bappeda Kabupaten Asahan Drs. H. Zainal Aripin Sinaga, MH mengatakan untuk mendukung terintegrasinya pelaksanaan intervensi penurunan stunting di Kabupaten Asahan, terdapat 8 aksi dalam integrasi yang akan memperkuat efektivitas intervensi stunting yang dimulai dari, analisa situasi program penurunan stunting, penyusunan rencana kegiatan, rembuk stunting, Penetapan Peraturan Bupati, pembinaan kader pembangunan manusia, sistem manajemen data, pengukuran dan publikasi stunting serta review kinerja tahunan.

Zainal juga mengatakan dengan pengukuran dan publikasi stunting ini kita dapat mengetahui status gizi anak sesuai umur, mengukur prevalensi stunting di tingkat desa secara berkala sehingga dapat mewujudkan visi misi Bupati Asahan yaitu mewujudkan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter.

Dikesempatan Kepala Bappeda Kabupaten Asahan yang juga Ketua Tim stunting Kabupaten Asahan mensosialisasi Peraturan Bupati Asahan Nomor 34 Tahun 2021 tentang Percepatan Pencengahan dan Penurunan Stunting Terintegrasi yang kemudian dilanjutkan dengan laporan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna tentang pengukuran dan publikasi stunting Kabupaten Asahan Tahun 2021.

Tampak hadir Kepala Bappeda Kabupaten Asahan, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan, OPD terkait, Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Asahan, Camat, Kepala Puskesmas dan tamu undangan lainnya.(Rill)

LAINNYA